Aprilia Optimistis Musim Ini Bisa Kejar Kompetitor

Kompas.com - 06/03/2021, 16:41 WIB
Aprilia RS-GP 2021 Foto: ApriliaAprilia RS-GP 2021

JAKARTA, KOMPAS.com - Aprilia sambut MotoGP 2021 dengan semangat baru. Pabrikan motor yang sebelumnya sering tertinggal ini yakin bisa kejar rival-rivalnya.

"Dari sudut pandang rasional, saya pikir ini bisa menjadi tahun di mana kami bisa mengejar yang lain. Ini targetnya, target sebenarnya untuk musim ini," ujar Direktur Teknis Aprilia MotoGP Romano Albesiano, dikutip dari Crash.net, Sabtu (6/4/2021).

Baca juga: Melihat Ubahan pada Aprilia RS-GP 2021

Musim lalu, Aprilia menjadi satu-satunya pabrikan yang tidak sanggup naik podium. Sementara rival-rivalnya, semua naik podium. Bahkan, empat di antaranya meraih kemenangan.

Aprilia RS-GP 2021Foto: Aprilia Aprilia RS-GP 2021

Masalah utama pada RS-GP musim lalu adalah akselerasi. Di awal 2020, mesin RS-GP diubah sudut silinder pada mesin V tersebut dari 70 derajat menjadi 90 derajat.

Baru dites pada Januari 2020, tapi sayangnya pandemi Covid-19 melanda. Dengan regulasi pembekuan mesin, Aprilia kehilangan kesempatan untuk memperbaiki masalah ketahanan mesin dan meningkatkan performanya.

Namun, dengan status konsesi memberikan keuntungan dari segi teknis untuk memodifikasi mesinnya untuk musim 2021. Aprilia bekerja pada semua aspek dari mesinnya di sepanjang musim dingin lalu.

Baca juga: Aprilia Meluncurkan Tim 2021, Tampang RS-GP 2021 Sangar

"Memperkecil jarak selalu jadi campuran dari semuanya. Tahun lalu, saya pikir Suzuki mungkin bukan yang terbaik di setiap aspek, tapi merupakan motor yang sangat seimbang," kata CEO Aprilia Racing Massimo Rivola.

Rivola mengatakan, dari segi aerodinamika, Aprilia mengambil langkah besar. Selain itu, peningkatan juga dilakukan pada sektor elektronik.

Menurutnya, paket antara mesin dan aerodinamika, torsi, serta handling, merupakan langkah besar yang diambil Aprilia. Mirip seperti yang sudah dilakukan pada 2019-2020.

"Menurut saya, kami tidak benar-benar memiliki titik kelemahan. Tapi sejujurnya, saya akan benar-benar puas dengan peningkatan di puncak tenaga, di mana itu target yang kami harap bisa diraih musim ini," ujar Rivola.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X