Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Aprilia Optimistis Musim Ini Bisa Kejar Kompetitor

JAKARTA, KOMPAS.com - Aprilia sambut MotoGP 2021 dengan semangat baru. Pabrikan motor yang sebelumnya sering tertinggal ini yakin bisa kejar rival-rivalnya.

"Dari sudut pandang rasional, saya pikir ini bisa menjadi tahun di mana kami bisa mengejar yang lain. Ini targetnya, target sebenarnya untuk musim ini," ujar Direktur Teknis Aprilia MotoGP Romano Albesiano, dikutip dari Crash.net, Sabtu (6/4/2021).

Musim lalu, Aprilia menjadi satu-satunya pabrikan yang tidak sanggup naik podium. Sementara rival-rivalnya, semua naik podium. Bahkan, empat di antaranya meraih kemenangan.

Masalah utama pada RS-GP musim lalu adalah akselerasi. Di awal 2020, mesin RS-GP diubah sudut silinder pada mesin V tersebut dari 70 derajat menjadi 90 derajat.

Baru dites pada Januari 2020, tapi sayangnya pandemi Covid-19 melanda. Dengan regulasi pembekuan mesin, Aprilia kehilangan kesempatan untuk memperbaiki masalah ketahanan mesin dan meningkatkan performanya.

Namun, dengan status konsesi memberikan keuntungan dari segi teknis untuk memodifikasi mesinnya untuk musim 2021. Aprilia bekerja pada semua aspek dari mesinnya di sepanjang musim dingin lalu.

"Memperkecil jarak selalu jadi campuran dari semuanya. Tahun lalu, saya pikir Suzuki mungkin bukan yang terbaik di setiap aspek, tapi merupakan motor yang sangat seimbang," kata CEO Aprilia Racing Massimo Rivola.

Rivola mengatakan, dari segi aerodinamika, Aprilia mengambil langkah besar. Selain itu, peningkatan juga dilakukan pada sektor elektronik.

Menurutnya, paket antara mesin dan aerodinamika, torsi, serta handling, merupakan langkah besar yang diambil Aprilia. Mirip seperti yang sudah dilakukan pada 2019-2020.

"Menurut saya, kami tidak benar-benar memiliki titik kelemahan. Tapi sejujurnya, saya akan benar-benar puas dengan peningkatan di puncak tenaga, di mana itu target yang kami harap bisa diraih musim ini," ujar Rivola.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/03/06/164100215/aprilia-optimistis-musim-ini-bisa-kejar-kompetitor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke