Harga Jual Belum Diumumkan, Honda City Hatchback Dapat Diskon Pajak?

Kompas.com - 04/03/2021, 07:02 WIB
Honda City Hatchback Dok. HPMHonda City Hatchback

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Honda Prospect Motor (HPM) akhirnya resmi meluncurkan City Hatchback di Indonesia. Namun, pada peluncurannya Honda belum mengumumkan perihal harga jual mobil tersebut.

Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing PT HPM, mengatakan, harga resmi City Hatchback akan diberi tahu pada April mendatang.

“Harga tidak kami informasikan terlebih dahulu, namun yang pasti kami akan berikan harga yang value for money,” ujar Billy, pada konferensi virtual (3/3/2021).

Baca juga: Bupati Gunungkidul Pemilik Kedua Maung Pindad Berbasis Militer

Honda City HatchbackDok. HPM Honda City Hatchback

Meski begitu, konsumen yang sudah tertarik bisa melakukan pemesanan ke diler. Menurut Billy nanti konsumen akan diberitahukan soal harga jelang pengiriman mobil.

Walaupun tak dijelaskan secara pasti, penundaan pengumuman harga jual mungkin ada korelasinya dengan kebijakan insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) yang mungkin bisa dinikmati konsumen City Hatchback.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Jadi Juknis (insentif PPnBM 0 persen) itu baru keluar Jumat (26/2/2021) malam ya. Kita pelajari semua dan memang kita belum bisa memberikan harga, jadi ya (kita akan umumkan) sesaat sebelum delivery. Kita akan pelajari dahulu lebih detail," ucap dia.

Baca juga: Penerapan Ganjil Genap di Kota Bogor Ditiadakan Sementara

Honda City HatchbackDok. HPM Honda City Hatchback

Selain itu, Billy juga telah memastikan bahwa produk ini sudah dirakit secara CKD (Completely Knock Down) di pabrik mereka di Karawang, Jawa Barat. Hanya saja untuk kandungan dalam negerinya belum bisa dipastikan.

"Ini berbeda-beda ya. Mulai dari part-nya atau TKDN-nya. Jadi saya belum bisa menjawab dari sisi mana kandungan lokalnya,” kata Billy.

“Tentunya ini kan juga baru launch ya, dan cara hitung juga banyak, TKDN ataupun dari jumlah part-nya berapa persennya atau dari purchase cost structure-nya, seperti itu. Jadi kita belum bisa sampaikan sekarang," tuturnya.

Baca juga: Ada Insentif Pajak, Simak Perbandingan Harga Vios Baru dan Bekas

Honda City HatchbackDok. HPM Honda City Hatchback

Seperti diketahui, berdasarkan keputusan Kementerian Perindustrian, Honda masuk dalam 21 daftar penerima relaksasi PPnBM.

Produk-produk yang mendapatkan keringanan ini ada 4 model, di antaranya Honda Brio RS, Mobilio, BR-V, dan HR-V.

Mobil ini dipilih karena memenuhi kriteria yang diajukan, yakni berkapasitas mesin di bawah 1.500 cc, berpenggerak 4x2 termasuk sedan, dan memiliki kandungan lokal 70 persen.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X