Ada Insentif Pajak, Simak Perbandingan Harga Vios Baru dan Bekas

Kompas.com - 03/03/2021, 09:02 WIB
Ilustrasi Toyota Vios terbaru. Toyota MalaysiaIlustrasi Toyota Vios terbaru.

JAKARTA, KOMPAS.com – Insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) 0 persen untuk mobil baru telah resmi diberlakukan.

Regulasi tersebut diatur dalam Kepmenperin Nomor 169 Tahun 2021 tentang Kendaraan Bermotor dengan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah Atas Penyerahan Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah Ditanggung oleh Pemerintah pada Tahun Anggaran 2021.

Terdapat total sebanyak 21 mobil yang masuk dalam daftar penerima insentif PPnBM 0 persen periode 3 bulan pertama, mulai Maret-Mei 2021.

Toyota sendiri masuk ke dalam daftar merek penerima insentif pajak 0 persen tersebut. Enam mobil Toyota tersebut, adalah Avanza, Raize, Sienta, Vios, Rush, dan Yaris.

Baca juga: Imbas PPnBM, Harga HR-V 1.5L Terpangkas Hampir Rp 22 Juta

Toyota Vios terbaru yang meluncur di Malaysia.Toyota Malaysia Toyota Vios terbaru yang meluncur di Malaysia.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Vios jadi satu-satunya mobil tipe sedan yang mendapatkan insentif pajak karena produksi lokal dengan kandungan dalam negeri sudah 70 persen.

Dengan adanya insentif PPnBM nol persen, terdapat ubahan harga pada Toyota Vios. Berikut harga Toyota Vios baru per 1 Maret 2021.

  • Vios E M/T Rp 252,4 juta
  • Vios E CVT Rp 265,4 juta
  • Vios G M/T Rp 268,9 juta
  • Vios G CVT Rp 281,6 juta

Baca juga: Harga Suzuki XL7 Jadi Lebih Murah Rp 30 Jutaan

Toyota Vios LimoStanly/Otomania Toyota Vios Limo

Lalu bagamana dengan harga sedan mini Toyota ini di pasar mobil bekas, pascainsentif pajak 0 persen bergulir?

Berdasarkan penelusuran redaksi dari berbagai marketplace dalam jaringan (daring) di Indonesia, harga Vios punya rentang yang cukup jauh. 

Ada yang menawarkan Vios produksi 2020 bekas dengan harga relatif murah, mulai Rp 90 jutaan. Tapi, tidak sedikit juga yang menjual sedan ini dengan harga Rp 250 juta- Rp 300 juta, meski pada tahun produksi yang sama. 

Perbedaan harga ini biasanya terletak pada kondisi mobil dan riwayat pemakaian konsumen sebelumnya. Mengingat Vios juga kerap dijadikan andalan perusahaan taksi sebagai mobil operasional, maka ada harga yang relatif murah ditawarkan di pasar mobil bekas.

Baca juga: Honda, Yamaha, KTM, dan Piaggio Bentuk Konsorsium Baterai Motor Listrik

Toyota Vios 1.5 G 2003Foto: Search and Find 24 Toyota Vios 1.5 G 2003

Selain itu, harga Vios juga ada yang lebih murah lagi di pasar mobil bekas, terutama untuk generasi-generasi sebelumnya. Untuk Vios produksi 2018 ke bawah, rentang harga yang ditawarkan berkisar Rp 100 juta-Rp 130 jutaan. 

Kemudian, harga lebih murah lagi tersedia untuk Vios bekas produksi 2010 ke bawah, yang ditawarkan dengan banderol Rp 50 juta - Rp 60 jutaan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X