Harganya Turun Rp 11 Jutaan, Kini Tidak Ada Diskon untuk Honda Brio RS

Kompas.com - 03/03/2021, 07:12 WIB
All new Honda Brio RS di GIIAS 2018 STANLY RAVELAll new Honda Brio RS di GIIAS 2018

JAKARTA, KOMPAS.com - Total ada 21 model kendaraan bermotor roda empat dalam negeri yang kini sudah bisa memanfaatkan insentif pajak penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) hingga nol persen.

Empat model diwakilkan dari merek Honda, yakni Brio RS, BR-V, HR-V dan Mobilio, sebagaimana tercantum dalam Keputusan Menteri Perindustrian RI Nomor 169 Tahun 2021.

Seluruh model tersebut dianggap telah memenuhi syarat pemberian insentif, yakni memiliki kandungan komponen lokal 70 persen dan berkubikasi mesin 1.500 cc ke bawah dengan penggerak 4x2.

Baca juga: Dapat Pajak dan Diskon Diler, Daihatsu Luxio Lebih Murah Rp 40 Jutaan

Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM Yusak Billy mengatakan, besaran penurunan dari masing-masing model bervariasi.

Untuk banderol Brio RS terpangkas dari Rp 10,2 juta hingga Rp 11,3 juta.

“Untuk penurunanya sudah kami umumkan ke jaringan distributor kami. Jadi untuk price list penurunan harga relaksasi PPnBM akan dikeluarkan dari masing-masing diler kami nanti,” ujar Billy, kepada Kompas.com (1/3/2021).

Honda Brio RSKOMPAS.com / Gilang Honda Brio RS

Ketika tim redaksi Kompas mencoba menghubungi beberapa diler Honda di Jakarta, beberapa pramuniaga mengaku tidak memiliki diskon untuk unit Brio RS.

“Untuk Brio RS kita tidak ada diskon, karena untuk PPnBMnya sudah cukup besar,” ujar salah satu pramuniaga Honda Jakarta Pusat, saat dihubungi Kompas.com (2/3/2021).

“Belum ada diskon (Brio RS). Unitnya juga terbatas, belum lagi peminatnya cukup banyak,” ucap pramuniaga Honda lainnya.

Baca juga: Dishub DKI Uji Coba Insentif Parkir untuk Kendaraan Lulus Uji Emisi

Untuk diketahui, Brio RS memang menjadi salah satu model yang menyumbang penjualan terbanyak di segmen city car yakni 11.308 unit sepanjang tahun 2020. Jadi tidak heran setelah PPnBM resmi diberlakukan, peminatnya semakin membeludak.

Berikut harga mobil Honda Brio yang mendapatkan insentif pajak.

Honda Brio
RS MT Rp 188,5 menjadi Rp 178.3
RS CVT Rp 204 juta menjadi Rp 192,7 juta
RS MT Urbanite Rp185.8 juta
RS CVT Urbanite Rp200.2 juta



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X