Ini Mobil Daihatsu yang Menerima Insentif Pajak 0 Persen

Kompas.com - 27/02/2021, 14:59 WIB
Antara Daihatsu Rocky dan Toyota Raize, sama-sama dibekali sistem penggerak Dynamic Torque Control 4WD. daihatsu.co.jpAntara Daihatsu Rocky dan Toyota Raize, sama-sama dibekali sistem penggerak Dynamic Torque Control 4WD.

JAKARTA, KOMPAS.com - Insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) 0 persen sudah bisa dinikmati mulai 1 Maret 2021. Bagi yang ingin membeli mobil merek Daihatsu, ada lima model yang menerima insentif ini.

Berdasarkan Keputusan Menteri Perindustrian RI Nomor 169 Tahun 2021, lima model Daihatsu ini diantaranya Xenia, Granmax Minibus, Luxio, Terios dan Rocky.

Kelima mobil ini bisa dikatakan memenuhi syarat penerima insentif PPnBM karena memiliki kandungan komponen lokal 70 persen. Insentif ini juga hanya bisa dinikmati oleh mobil dengan kubikasi mesin 1.500 cc ke bawah, termasuk di dalamnya kategori sedan dan kendaraan berpenggerak 4x2.

Baca juga: Aturan Batasan Mobil 10 Tahun Berimbas Langsung ke Pasar Mobil Bekas

Daihatsu Xenia di GIIAS 2019 Daihatsu Xenia di GIIAS 2019

Sedangkan untuk produk lainnya, misal seperti Sirion, Daihatsu masih mengimpornya secara utuh dari Malaysia. Kemudian untuk LCGC seperti Calya dan Sigra, lalu kendaraan niaga seperti GranMax pikap sudah menikmati PPnBM 0 persen.

Selain itu, yang menarik dari daftar mobil Daihatsu yang menerima insentif,nada mobil yang belum diluncurkan, yakni Daihatsu Rocky. Artinya SUV kembaran Toyota Raize ini segera meluncur dalam waktu dekat dengan memanfaatkan momentum relaksasi pajak yang diberikan pemerintah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Kebiasaan Orang Indonesia, Ragu-Ragu di Jalan Tol

Saat mencoba menghubungi Daihatsu, hingga saat ini tidak ada respons yang diberikan. Namun sebelumnya Direktur Pemasaran PT ADM Amelia Tjandra, hanya memberikan komentar standar, yakni tunggu pada waktunya.

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.