Aturan Batasan Mobil 10 Tahun Berimbas Langsung ke Pasar Mobil Bekas

Kompas.com - 26/02/2021, 13:54 WIB
Mobil bekas di WTC Mangga Dua KOMPAS.com/Aprida Mega NandaMobil bekas di WTC Mangga Dua

JAKARTA, KOMPAS.com – Untuk mengurangi emisi gas buang, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan melarang mobil berusia lebih dari 10 tahun untuk beroperasi di jalanan Jakarta.

Putusan ini tertuang pada Instruksi Gubernur DKI Jakarta Nomor 66 Tahun 2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara dan berlaku efektif mulai tahun 2025.

Lalu jika pembatasan usia kendaraan ini mulai dilakukan pada tahun 2021, berarti mobil di bawah tahun 2010 tidak boleh beroperasi di jalanan Jakarta. Bagaimana nasib penjualan mobil bekas nantinya?

Baca juga: Aturan Mobil 10 Tahun ke Atas Dilarang Masuk Jakarta Sedang Disiapkan

Mobil bekas di WTC Mangga DuaKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda Mobil bekas di WTC Mangga Dua

Joni Gunawan, pebisnis mobil seken di WTC Mangga Dua mengatakan, melihat adanya pembatasan usia kendaraan ini, tentu akan berimbas ke harga jual dari mobil-mobil bekas, terutama yang umurnya sebentar lagi 10 tahun.

“Kalo harga sudah pasti otomatis jatuh. Mobil tahun ke-7 sampai ke-8 yang paling berimbas harganya,” ucap Joni kepada Kompas.com, Jumat (26/2/2021).

Namun dibalik turunnya harga tadi, ada dampak lain yang akan dialami mobil bekas dengan usia lebih dari 10 tahun. Presiden Direktur Mobil88 Halomoan Fischer mengatakan, market mobil bekas di daerah lain akan meningkat atau naik.

Baca juga: Kecelakaan Beruntun di Tol Japek, Ingat Lagi Pentingnya Jaga Jarak

“Kalau ada kebijakan itu, kemungkinan akan banyak mobil yang mengalir ke luar daerah Jakarta. Jadi harga akan turun, tapi pasarnya akan yang menampung dari luar Jakarta,” kata Fischer kepada Kompas.com.

Efeknya, pasar mobil bekas di luar daerah Jakarta akan kebanjiran mobil bekas. Untuk harganya sendiri, akan menyesuaikan di mana mobil bekas tadi dijual.

“Kebijakan ini tidak akan terlalu berpengaruh pada pasar mobil bekas di Jakarta. Tapi ini akan menghidupkan bisnis mobil bekas di luar Jakarta,” ucapnya.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X