Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Raize dan Rocky Masuk Daftar Penerima Insentif Pajak 0 Persen

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) resmi merilis daftar mobil yang akan mendapat relaksasi pajak PPnBM nol persen pada Maret 2021 mendatang.

Hal tersebut tertuang dalam Keputusan Menteri Perindustrian (Kepmenperin) Nomor 169 Tahun 2021 tentang Kendaraan Bermotor Dengan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah Atas Penyerahan Barang Kena Pajak Yang Tergolong Mewah Ditanggung Oleh Pemerintah Pada Tahun Anggaran 2021.

Menariknya, dari 21 daftar mobil tersebut, ada nama Daihatsu Rocky dan Toyota Raize yang juga berhak mendapatkan insentif PPnBM nol persen.

Artinya, kedua SUV kembar tersebut akan segera meluncur dalam waktu dekat dengan memanfaatkan momentum relaksasi pajak yang diberikan pemerintah.

Ketika mengkonfirmasi hal ini, Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM), tak menampik mengenai kabar Raize yang masuk dalam daftar mobil penerima insentif PPnBM.

"Iya betul ada Raize, tapi untuk detailnya seperti apa nanti ya," tulis Anton dalam pesan singkatnya kepada Kompas.com, Sabtu (27/2/2021).

Sementar mengenai yang dimaksud dengan pemelian kandungan loka sebesar 70 persen pada Raize dan Rocky, Anton hanya menjelaskan bila hal tersebut baiknya langsung ditanyakan ke pihal pabrikan.

"Detail untuk itu bisa ke pabrikan, baik Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) atau Astra Daihatsu Motor (ADM)," kata dia.

Sementara saat mencoba menghubungi Daihatsu, hingga saat ini tidak ada respons yang diberikan. Namun sebelumnya Direktur Pemasaran PT ADM Amelia Tjandra, hanya memberikan komentar standar, yakni tunggu pada waktunya.

Namun demikian, rumors kehadirannya memang sudah santer terdengar dengan beberapa indikasi.

Mulai dari penampakannya yang dikabarkan sedang uji jalan, terdaftar di Permendagri Nomor 1 Tahun 2021, sampai pihak Daihatsu yang mulai merilis mengenai fitur-fitur canggih pada produknya, termasuk yang diadopsi Rocky. 

https://otomotif.kompas.com/read/2021/02/27/103100515/raize-dan-rocky-masuk-daftar-penerima-insentif-pajak-0-persen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke