Soal Aturan Mobil 10 Tahun, Harusnya Tetap Berdasarkan Uji Emisi

Kompas.com - 26/02/2021, 14:07 WIB
Morris Mini dan BMW Mini berbaur di acara Mini Day Wisnu Nugroho/Kompas.comMorris Mini dan BMW Mini berbaur di acara Mini Day

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana mengeluarkan aturan pembatasan mobil berusia lebih dari 10 tahun, demi menekan tingkat emisi gas buang di Ibu Kota.

Putusan ini dituangkan dalam Peraturan Gubernur Nomor 66 Tahun 2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara dan berlaku efektif mulai tahun 2025.

Pada tujuan yang sama, tahun ini diinstruksikan pula seluruh kendaraan bermotor berusia tiga tahun ke atas yang beroperasi di wilayah Jakarta harus lulus uji emisi. Jika tidak, maka akan dikenai tarif parkir tinggi.

Baca juga: Alasan Mobil Usia Tua Tidak Bisa Diasuransi

Peraturan mengenai uji emisi ini tentu bisa menjadi masalah bagi sebagian penggemar mobil tua di Tanah Air. Pasalnya, akan ada sanksi bagi kendaraan yang tidak lulus uji emisi. Bahkan, bagi mobil yang tidak bisa memenuhi ambang batas emisi ruang geraknya cenderung akan dibatasi.

Menanggapi kebijakan tersebut, Wisnu Nugroho, sebagai penggemar dan pemilik mobil klasik Morris Mini menjelaskan, sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan untuk tujuan yang hendak dicapai, dalam hal menekan emisi gas buang di Jakarta.

Pemimpin Redaksi Kompas.com Wisnu Nugroho (Inu) dengan mobil klasik MINI Cooper Roverinstagram.com/beginu Pemimpin Redaksi Kompas.com Wisnu Nugroho (Inu) dengan mobil klasik MINI Cooper Rover

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Usia bukan menjadi satu-satunya acuan. Kondisi kendaraan berusia lebih dari 10 tahun jika dirawat dengan baik, tidak akan membuat emisi buruk dan untuknya bisa diuji emisi secara berkala,” ucap Wisnu, yang aktif sebagai anggota Jakarta Morris Club, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (26/2/2021).

Baca juga: Tujuan Lain Tesla Model 3 Dijadikan Mobil Patroli Korlantas

Inu sapaan akrabnya, menambahkan, sebaiknya peraturan itu tidak didasarkan pada usia mobil tetapi tetap berdasarkan dengan uji emisi gas buang. Dimana baik mobil usia lama atau baru, wajib melewati pengujian tersebut.

“Mau itu mobil baru atau lama, jika tidak lolos uji maka aturan tersebut bisa diterapkan,” kata Inu.

Sebagai pecinta mobil klasik, Inu berharap aturan pembatasan usia mobil ini bisa lebih diperjelas, agar tidak ada pihak yang merasa dirugikan oleh kewajiban tersebut

“Saya tidak bisa berandai. Tapi saya berharap aturan dikaji dan dilihat lagi dengan mempertimbangkan semua pihak yang terdampak,” katanya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X