Mengemudikan Mobil Saat Jalan Mundur Lebih Sulit, Ini Penjelasannya

Kompas.com - 25/02/2021, 12:12 WIB
Toyota Kijang Innova milik salah satu warga Desa Sumurgeneng, Kabupaten Tuban, yang rusak karena tabrakan. Pemiliknya diduga belum mahir menyetir motir.
Tribun Jatim/Auto2000Toyota Kijang Innova milik salah satu warga Desa Sumurgeneng, Kabupaten Tuban, yang rusak karena tabrakan. Pemiliknya diduga belum mahir menyetir motir.
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Belasan mobil milik warga Desa Sumurgeneng, Kecamatan Jenu, Tuban rusak setelah mengalami kecelakaan ringan ketika dikendarai.

Rata-rata warga yang mengalami kecelakaan hingga mobil menabrak pagar atau pun benda lain itu ketika melaju di sekitar perkampungan atau rumah.

Mereka juga kebanyakan baru belajar mengemudi secara mandiri setelah membeli mobil baru dari hasil penjualan tanah dari PT Pertamina.

Kejadian menabrak pagar terjadi karena pengemudi hendak parkir atau masuk ke garasi, karena kurang antisipasi sehingga mobil menyerempet atau menabrak benda lain.

Baca juga: Dapat Uang Rp 24 Miliar, Pria Ini Beli Xpander meski Belum Bisa Nyetir

Bagi pengemudi pemula biasanya akan kesulitan ketika mengendarai mobil saat berjalan mundur dibandingkan ketika melaju ke depan.

Tidak hanya pengemudi pemula, tidak sedikit yang selama ini sudah lancar mengemudi di jalan raya tetapi ketika hendak parkir mundur juga tidak begitu lancar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tampilan di layar monitor, hasil kamera mundur. Freshtech Tampilan di layar monitor, hasil kamera mundur.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana menjelaskan, selama ini berkendara di jalan raya memang lebih mudah dibandingkan saat mundur.

“Hal ini karena mindset pengemudi kendaraan bergerak ke depan (fokus dan antisipasinya sejalan/bergerak sesuai dgn arah pandangan mata),” kata Sony kepada Kompas.com, Kamis (25/2/2021).

Sementara, Sony melanjutkan, ketika mengemudi saat parkir kendaraan berjalan ke belakang hal itu tidak mudah karena dibutuhkan cara berpikir (terbalik).

Baca juga: Cerita Sutrisno, Dapat Uang Rp 15, 8 M Langsung Beli HR-V, Xpander, Innova, dan Pikap

“Dibutuhkan cara berpikir (terbalik) kendaraan terhadap batas-batas lingkungan. Hal ini yang harus dipelajari dan didalami oleh para pengemudi pemula,” ucapnya.

ilustrasi parkir mobil pararelhttps://www.kirklandhonda.com/parallel-parking-tips/ ilustrasi parkir mobil pararel

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.