Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada Padat, Arus Balik Libur Imlek Ada Contraflow di Tol Cipali

Kompas.com - 14/02/2021, 08:01 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Retak dan amblesnya jalan Tol Cipali di sekitar Km 122 pada Selasa (9/2/2021), membuat lajur arah Jakarta tidak bisa dilewati. Usai kerusakan tersebut, petugas di lapangan pun memberlakukan contraflow untuk kelancaran arus lalu lintas.

Agung Prasetyo, Direktur Operasi Astra Tol Cipali, mengatakan, contraflow dilakukan sepanjang 1 Km dari Km 121+800 sampai 122+800.

“Pekerjaan pembuatan jalan sementara di median ini kami pastikan akan selesai dalam 10 hari ke depan,” ujar Agung, dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com (13/2/2021).

Baca juga: Pengumuman Resmi Honda soal Kondisi Marc Marquez

Sementara untuk penanganan permanen lebih lanjut, lokasi jalan yang longsor akan ditutup selama 1,5 bulan sebagai langkah penanganan keempat.
Kementerian PUPR Sementara untuk penanganan permanen lebih lanjut, lokasi jalan yang longsor akan ditutup selama 1,5 bulan sebagai langkah penanganan keempat.

“Dan jalan bisa dilalui oleh pengguna jalan dengan normal yang nantinya contraflow ditiadakan pada lokasi Km 122 sehingga pengguna jalan dapat berkendara dengan lancar, aman dan nyaman,” katanya.

Sampai dengan libur panjang tahun baru Imlek 2021, Astra Tol Cipali masih melakukan perbaikan di ruas jalan tersebut. Termasuk ketika puncak arus balik yang berlangsung Minggu (14/2/2021).

Oleh sebab itu, para pengguna jalan yang menggunakan Tol Cipali diimbau untuk mengatur waktu perjalanannya agar lebih efisien dan tidak terkena kemacetan.

Baca juga: Bus Baru PO Sudiro Tungga Jaya, Pakai Bodi Evolander Bekas

Jalan Tol Cipali mengalami amblas dan tidak bisa dilewati kendaraan (9/2/2021).DOK. ASTRA TOl CIPALI Jalan Tol Cipali mengalami amblas dan tidak bisa dilewati kendaraan (9/2/2021).
Astra Tol Cipali juga mencatat, pada libur Imlek 2021 (12/2/2021) jumlah kendaraan yang melintas mencapai 51.000 kendaraan yang didominasi oleh kendaraan golongan 1.

Pengemudi juga diimbau untuk mematuhi rambu-rambu lalu lintas yang berada di sepanjang ruas Tol Cipali.

“Tetap aman berkendara dengan batas kecepatan minimum 60 kpj dan pada kondisi hujan maks 70 kpj. Pastikan mengecek kondisi tekanan angin pada ban sebelum melakukan perjalanan,” ucap Agung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com