Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Efek Pandemi, Sirkuit Silverstone Ikut Terancam Batal Gelar MotoGP

Kompas.com - 11/02/2021, 08:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak sirkuit MotoGP yang batal jadi penyelenggara tahu ini karena efek pandemi. Selain Argentina, Texas, Buriram, dan Brno, kini giliran Sirkuit Silverstone di Inggris juga diragukan bisa menggelar MotoGP.

MotoGP yang dijadwalkan akan digelar pada 29 Agustus 2021 di Sirkuit Silverstone mulai dipertanyakan. Hal ini seiring dengan pemerintah Inggris memperketat kembali regulasi perjalanan karena pandemi.

Baca juga: Rossi Mengaku Tidak Terobsesi Lagi Jadi Juara Dunia MotoGP

Dikutip dari Speedweek.com, Rabu (10/2/2021), setiap orang yang masuk ke Inggris tidak hanya harus menunjukkan bukti negatif Covid-19. Setiap orang juga akan dites dua kali selama 10 hari karantina.

Para pebalap MotoGP (kanan-kiri), Cal Crutchlow (LCR Honda), Marc Marquez (Repsol Honda), Valentino Rossi (Movistar Yamaha), dan Andrea Iannone (Ducati), bersaing saat balapan GP Inggris di Sirkuit Silverstone, Minggu (4/9/2016). MOTOGP.COM Para pebalap MotoGP (kanan-kiri), Cal Crutchlow (LCR Honda), Marc Marquez (Repsol Honda), Valentino Rossi (Movistar Yamaha), dan Andrea Iannone (Ducati), bersaing saat balapan GP Inggris di Sirkuit Silverstone, Minggu (4/9/2016).

Tes harus dilakukan di hari kedua dan hari kedelapan selama masa karantina. Setiap orang juga harus mengeluarkan biaya sendiri alias tidak ditanggung pemerintah Inggris.

Hal ini disebabkan juga karena varian terbaru dari virus corona, B.1.1.7, yang mulai menyebar. Disebutkan bahwa varian terbaru ini lebih mudah menular dan lebih berbahaya.

Baca juga: Bos Ducati Percaya Jack Miller Bisa Rebut Juara Dunia MotoGP 2021

Dengan adanya Brexit, tiap truk logistik milik tim dan Dorna Sports, harus melampirkan dokumen perjalanan ke pihak bea cukai alias Carnet.

Pihak Sirkuit Silverstone sendiri menyanggupi untuk menggelar MotoGP secara tertutup, hanya boleh 1.300 personel yang bertugas, sesuai dengan kesepakatan. Masalahnya, kebijakan baru Kementerian Kesehatan tersebut yang dapat mempersulit MotoGP untuk digelar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com