Musim Hujan, Pemotor Hati-hati Kena Jebakan Lubang Tertutup Air

Kompas.com - 09/02/2021, 15:41 WIB
Jalan berlubang di Jalan KH Noer Ali atau Kalimalang, Kota Bekasi, persis di samping proyek Tol Becakayu. KOMPAS.COM/VITORIO MANTALEANJalan berlubang di Jalan KH Noer Ali atau Kalimalang, Kota Bekasi, persis di samping proyek Tol Becakayu.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada musim hujan biasanya banyak muncul lubang baru di jalan raya. Jalan menjadi rusak karena lapisan aspal tergerus genangan air dan derasnya hujan.

Kondisi ini perlu diwaspadai oleh para pemakai jalan raya. Terutama pengendara motor yang lebih rawan menjadi korban keberadaan lubang tersebut.

Founder and Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu, mengatakan, pengendara motor harus lebih berhati-hati saat berkendara di musim hujan.

Baca juga: Ulasan Lengkap Tes Honda PCX 160, Beda Jauh dengan PCX 150?

Pohon pisang ditanam warga di Jalan Slamet Riyadi yang berlubang akibat kebocoran saluran pipa air tepatnya di kawasan Kleco, Solo, Jawa Tengah, Senin (25/11/2019).KOMPAS.com/LABIB ZAMANI Pohon pisang ditanam warga di Jalan Slamet Riyadi yang berlubang akibat kebocoran saluran pipa air tepatnya di kawasan Kleco, Solo, Jawa Tengah, Senin (25/11/2019).

Terlebih, saat hujan karena lubang bisa saja tertutup air sehingga tidak terdeteksi oleh pengendara.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Hal yang menjadi masalah itu ketika lubang itu tidak terlihat karena tertutup oleh genangan air, dan ini menjadi masalah. Ini perlu menjadi perhatian bagi para pengendara,” katanya kepada Kompas.com, belum lama ini.

Salah satu kondisi jalan yang berbahaya ketika basah, luberan lumpur.Donny Apriliananda Salah satu kondisi jalan yang berbahaya ketika basah, luberan lumpur.
Jusri menilai ancaman ini akan lebih dirasakan oleh pengendara motor. Mengingat jika tidak bisa mengantisipasi keberadaan lubang tersebut pengendara bisa kehilangan keseimbangan dan jatuh.

Baca juga: Cek Deretan Mobil dan Motor Andalan di Fast and Furious 9

“Kalau kendaraan roda empat paling hanya merasakan ketidaknyamanan saat melintasi lubang itu. Tapi bagi pengendara kendaraan roda dua bisa kehilangan keseimbangan,” katanya.

Maka dari itu, Jusri pun mengimbau kepada pengendara kendaraan agar lebih waspada saat melintasi jalanan yang tertutup air.

“Kalau ada jalan yang tergenang atau tertutup air sebaiknya berhati-hati, karena bisa saja itu gorong-gorong sehingga akan menyebabkan kecelakaan. Jangan mengambil risiko dan jangan menerabasnya,” ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.