Mobil Tabrak Pejalan Kaki di Depok, Ini Tips Aman Jalan Kaki

Kompas.com - 07/02/2021, 08:01 WIB
Ilustrasi kecelakaan SHUTTERSTOCKIlustrasi kecelakaan

JAKARTA, KOMPAS.com - Video yang memperlihatkan seorang pengendara mobil menabrak dua orang pejalan kaki di tengah viral di media sosial. Insiden tersebut diketahui terjadi di Jalan Boulevard Raya Grand Depok City dekat Olla Shoping, Jatimulya, Cilodong, Depok, Sabtu (6/2/2021).

Dikutip dari Kompas.com, Kasat Lantas Polres Metro Depok Kompol Indra AKBP Waspada mengatakan peristiwa tersebut terjadi pada Sabtu pagi.

Baca juga: Ragam Promo Xpander Bulan Ini, Ada Diskon hingga Cicilan Ringan

Indra menjelaskan bahwa awalnya, pengemudi mobil yang berinisial D (22) sedang melaju dari arah selatan ke utara melalui Jalan Boulevard Raya Grand Depok City.

Ketika kendaraan sampai di dekat Olla Shoping, D tidak dapat menguasai laju kendaraannya.

“Pengemudi tidak dapat menguasai laju kendaraannya dan menabrak kedua pejalan kaki yang sedang berjalan dari arah selatan ke utara,” kata Indra.

Akibat tabrakan tersebut, kedua pejalan kaki mengalami luka-luka pada bagian tangan, bahu kiri, kepala.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, ada beberapa hal yang bisa dijadikan pelajaran dari kasus tersebut.

Pejalan kaki menuju pelican crossing Tosari, Jakarta Pusat dari arah Stasiun Sudirman, Senin (17/12/2018).KOMPAS.COM/ RINDI NURIS VELAROSDELA Pejalan kaki menuju pelican crossing Tosari, Jakarta Pusat dari arah Stasiun Sudirman, Senin (17/12/2018).

“Khusus untuk pelajan kaki lebih aman berjalan di sebelah kanan (di seberang). Kenapa? Karena dengan berjalan di seberang (arah berlawanan) pejalan kaki mampu melihat (eye contact), mengantisipasi dan menghindari kecelakaan tersebut,” ucap Sony saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (6/2/2021).

“Berbeda ketika berada di sebelah kiri, ketika ada pengemudi yang melenceng entah karena tidak fokus, mengantuk, mabuk atau lainnya, si pejalan kaki tidak bisa melihat potensi bahaya tersebut. Sudah pasti mereka tidak bisa menghindar,” lanjut Sony.

Baca juga: Cara Sederhana Kurangi Pengendara Motor Masuk Jalan Tol

Sony juga mengingatkan, pejalan harus selalu berhati-hati dan waspada ketika berjalan di atas aspal (yang jadi 1 dengan kendaraan bermotor). Apalagi ketika berada di ujung tikungan, resiko gagal fokus dan kena dampak overshot dari pengendara sangat besar.

“Waspada jika ingin berolah raga pagi hari, karena banyak sekali pengendara yang kurang tidur, terburu-buru, mabuk, belajar nyetir dan lainnya. Jadi, sebaiknya di closed track atau sesuai dengan yang sudah saya jelaskan di atas,” kata Sony.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.