Mengenal Perbedaan Serta Plus Minus Sasis Ladder Frame dan Monokok

Kompas.com - 04/02/2021, 15:01 WIB
Proses perakitan bodi dengan sasis All-New Kijang Innova. Febri Ardani/KompasOtomotifProses perakitan bodi dengan sasis All-New Kijang Innova.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sasis atau rangka pada mobil merupakan komponen yang cukup penting peranannya untuk menopang mesin, kopling, transmisi, sistem rem, bodi, dan komponen lainnya.

Bicara soal jenisnya, yang cukup familiar setidaknya ada dua, yakni ladder frame ( sasis tangga) dan monocoque (monokok).

Lantas apa perbedaannya? Berikut penjelasan yang tim redaksi kutip dari buku Pengenalan Bodi Otomotif karangan Buntarto, Kamis (4/2/2021).

Baca juga: ETLE Belum Diterapkan, Bukan Berarti Bebas Melanggar Lalu Lintas

1. Sasis Ladder Frame (Sasis Tangga)

Sasis ladder frame merupakan sasis tertua dalam sejarah otomotif. Diberi nama ladder frame karena bentuk dan susunannya menyerupai tangga.

Konstruksi sasis ini diperuntukkan untuk kendaraan berbeban berat, seperti truk, MPV, SUV, dan model Jeep.

Toyota Kijang InnovaFoto: TAM Toyota Kijang Innova

Keuntungan

- Lebih mudah untuk di desain, di bangun, atau dimodifikasi.
- Lebih cocok untuk kendaraan yang suka off road dan lebih tahan lama.
- Mudah untuk di reparasi bila terjadi tumbukan

Kelemahan

- Lebih berat dibanding sasis model lain, perfomance-nya lebih rendah dibandingkan sasis model lain, dan konsumsi BBM menjadi lebih besar.
- Torsi yang dimiliki lebih rendah saat melewati tikungan.
- Mudah terguling
- Memiliki biaya produksi lebih tinggi

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X