Permudah Penyaluran BBM, Pembangunan Pertashop Bisa Akses KUR

Kompas.com - 04/02/2021, 10:51 WIB
Ilustrasi Pertashop KOMPAS.com/RulyIlustrasi Pertashop
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian) menyebut akses Kredit Usaha Rakyat (KUR) kini bisa dimanfaatkan untuk membangun Pertashop.

Hal ini bertujuan untuk mengoptimalsisasikan penyaluran KUR di tahun 2021, sekaligus mempercepat proses pembangunan fasilitas terkait guna memeratakan energi ke masyarakat luas.

Lebih jauh, Asisten Deputi Pasar Modal dan Lembaga Keuangan Kemenko Perekonomian, Gede Edy Prasetya mengatakan, langkah tersebut akan mendorong perepatan pemulihan ekonomi nasional.

Baca juga: Apa Kabar Sanksi Disinsentif Parkir Uji Emisi Kendaraan ?

PertashopKOMPAS.com/Ruly Pertashop

"Dalam sosialisasi ini, diharapkan kita bisa menemukan cara dan pola terbaik dalam penyaluran KUR untuk implementasi program Pertashop. Sehingga, tujuan bersama bisa dicapai," papar dia dalam keterangan resmi, Kamis (4/2/2021).

Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading Pertamina Mas’ud Khamid mengatakan, kini Pertashop sudah beroperasi sebanyak 1.112 unit yang tersebar di seluruh Indonesia.

Pada musim 2021, ditargetkan jumlah itu bisa meningkat hingga 10.000 unit. Adapun pola kerja sama yang ditawarkan, terdapat tiga tipe yaitu Gold, Platinum, dan Diamond.

Perbedaannya, terdapat pada besaran lahan yang akan berpengaruh pada layanan bisnis nonfuel retail (NFR) yang bisa beroperasi.

Baca juga: Pemerintah Indonesia Siap Tangkap Proposal dari Tesla

“Pertashop adalah salah satu implementasi Program One Village One Outlet (OVOO) yang bertujuan untuk mempermudah aksesibilitas energi bagi masyarakat dengan kualitas dan harga yang sama,” ujar Mas'ud.

"Terkait kualitas produk dan harganya, sama dengan di SPBU, termasuk tangki, dispenser, dan alat penunjangnya seperti APAR. Terakhir secara operasional, operator akan dilatih untuk dapat berkerja sesuai standar," lanjut dia.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X