Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/02/2021, 10:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - United T1800 hadir meramaikan bursa motor listrik di Indonesia. Dengan tampang yang sporty, motor ini menjadi pilihan baru di segmen skutik listrik.

Kompas.com mendapat kesempatan beberapa hari untuk menjajal United T1800. Merasakan performa dan juga fitur yang cukup melimpah untuk diulik.

Fitur pertama ialah semua pencahayaan sudah LED. Baik lampu utama di depan, lampu belakang, lampu setop, dan sein.

United T1800KOMPAS.com/Gilang United T1800

Panel instrumen sudah LED. Informasi yang disajikan mencakup speedometer, odometer, indikator sein, indikator lampu jauh dan lampu dekat, dan indikator siap dijalankan.

Baca juga: Ulik Desain United T1800, Motor Listrik ala Skuter Maxi

Selain itu ada indikator baterai berupa bar atau batang garis. Jika daya baterai sudah hampir habis akan timbul logo pom bensin di dekat indikator baterai.

United T1800 punya tiga mode kecepatan. Mode 1 maksimal bisa dipakai sampai kecepatan 50 kpj, Mode 2 maksimal 60 kpj dan Mode 3 maksimal 65 kpj.

United T1800KOMPAS.com/Gilang United T1800

Ada juga Mode Turbo yang bisa meningkatkan kecepatan sampai 70 kpj. Bentuknya seperti tuas dan terletak di pangkal setang kanan.

Motor juga dibekali gigi mundur alias reverse. Tombolnya di pangkal setang kiri. Cara mengoperasikannya dengan ditekan sambil digas. Kecepatan maksimal mundur ialah 3 kpj.

Kunci kontak masih menggunakan anak kunci, meski demikian pengoperasiannya bisa tanpa kunci sebab United menyiapkan remote dan start stop engine.

United T1800KOMPAS.com/Gilang United T1800

Untuk menyalakan motor pada dasarnya bisa dilakukan dengan tiga cara, pertama pakai kunci kontak, kedua pakai remote, dan ketiga pakai tombol start stop.

Meski demikian kunci setang hanya bisa dilakukan dengan kunci kontak. Sebagai penggantinya ada fitur alarm untuk menghalau maling.

United T1800 punya fitur bernama repair mode sebagai antisipasi jika gas rusak, maka motor masih bisa dijalankan. Tombol ini tidak berfungsi jika gas masih berfungsi normal.

United T1800KOMPAS.com/Gilang United T1800

Sebagai protokol keselamatan terdapat fitur pemutus daya alias MCB. Letaknya di bawah jok. Di bagasi tersebutjuga  terdapat colokan USB dan lampu untuk penerangan.

Baterai United T1800 terletak di bagian tengah dek sehingga bagasinya cukup luas, dengan catatan tidak dipakai buat tempat penyimpanan baterai cadangan.

Baca juga: Skema Kredit Motor Listrik United T1800, CIcilan Rp 500 Ribuan

Fitur lainnya ialah speaker yang bisa terkoneksi dengan bluetooth. Letaknya di dek bagian depan kiri dan kanan di bawah glove box.

United T1800KOMPAS.com/Gilang United T1800

Tombol pengoperasian pengeras suara ini terketak di bagian depan kiri atas. Tombol-tombolnya volume dan di bawahnya juga tersedia colokan USB.

Dengan fitur ini pengendara bisa mendengarkan musik dengan cara pairing dengan ponsel. Selain itu pengeras suara itu juga punya fitur racer sound alias suara mesin buatan.

United T1800KOMPAS.com/Gilang United T1800

United T1800 menggunakan motor listrik (dinamo) 60V 1800W besutan Bosch. Menghasilkan rated speed 620 rpm dan torsi 27 Nm. Daya tersebut disokong baterai Lithium ion berkapasitas 60V 28Ah.

Dalam baterai kondisi penuh motor dapat mencapai kecepatan maksimum 70 kpj dan jarak tempuh hingga 60 km dengan kecepatan rata-rata pada 50- 60 kpj mode kecepatan normal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com