Salin Artikel

Jajal Fitur Melimpah Motor Listrik United T1800

JAKARTA, KOMPAS.com - United T1800 hadir meramaikan bursa motor listrik di Indonesia. Dengan tampang yang sporty, motor ini menjadi pilihan baru di segmen skutik listrik.

Kompas.com mendapat kesempatan beberapa hari untuk menjajal United T1800. Merasakan performa dan juga fitur yang cukup melimpah untuk diulik.

Fitur pertama ialah semua pencahayaan sudah LED. Baik lampu utama di depan, lampu belakang, lampu setop, dan sein.

Panel instrumen sudah LED. Informasi yang disajikan mencakup speedometer, odometer, indikator sein, indikator lampu jauh dan lampu dekat, dan indikator siap dijalankan.

Selain itu ada indikator baterai berupa bar atau batang garis. Jika daya baterai sudah hampir habis akan timbul logo pom bensin di dekat indikator baterai.

United T1800 punya tiga mode kecepatan. Mode 1 maksimal bisa dipakai sampai kecepatan 50 kpj, Mode 2 maksimal 60 kpj dan Mode 3 maksimal 65 kpj.

Ada juga Mode Turbo yang bisa meningkatkan kecepatan sampai 70 kpj. Bentuknya seperti tuas dan terletak di pangkal setang kanan.

Motor juga dibekali gigi mundur alias reverse. Tombolnya di pangkal setang kiri. Cara mengoperasikannya dengan ditekan sambil digas. Kecepatan maksimal mundur ialah 3 kpj.

Kunci kontak masih menggunakan anak kunci, meski demikian pengoperasiannya bisa tanpa kunci sebab United menyiapkan remote dan start stop engine.

Untuk menyalakan motor pada dasarnya bisa dilakukan dengan tiga cara, pertama pakai kunci kontak, kedua pakai remote, dan ketiga pakai tombol start stop.

Meski demikian kunci setang hanya bisa dilakukan dengan kunci kontak. Sebagai penggantinya ada fitur alarm untuk menghalau maling.

United T1800 punya fitur bernama repair mode sebagai antisipasi jika gas rusak, maka motor masih bisa dijalankan. Tombol ini tidak berfungsi jika gas masih berfungsi normal.

Sebagai protokol keselamatan terdapat fitur pemutus daya alias MCB. Letaknya di bawah jok. Di bagasi tersebutjuga  terdapat colokan USB dan lampu untuk penerangan.

Baterai United T1800 terletak di bagian tengah dek sehingga bagasinya cukup luas, dengan catatan tidak dipakai buat tempat penyimpanan baterai cadangan.

Fitur lainnya ialah speaker yang bisa terkoneksi dengan bluetooth. Letaknya di dek bagian depan kiri dan kanan di bawah glove box.

Tombol pengoperasian pengeras suara ini terketak di bagian depan kiri atas. Tombol-tombolnya volume dan di bawahnya juga tersedia colokan USB.

Dengan fitur ini pengendara bisa mendengarkan musik dengan cara pairing dengan ponsel. Selain itu pengeras suara itu juga punya fitur racer sound alias suara mesin buatan.

United T1800 menggunakan motor listrik (dinamo) 60V 1800W besutan Bosch. Menghasilkan rated speed 620 rpm dan torsi 27 Nm. Daya tersebut disokong baterai Lithium ion berkapasitas 60V 28Ah.

Dalam baterai kondisi penuh motor dapat mencapai kecepatan maksimum 70 kpj dan jarak tempuh hingga 60 km dengan kecepatan rata-rata pada 50- 60 kpj mode kecepatan normal.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/02/04/100200515/jajal-fitur-melimpah-motor-listrik-united-t1800

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.