Balapan MotoGP 2021 di Thailand Terancam Batal

Kompas.com - 03/02/2021, 14:24 WIB
SIrkuit Internasional Buriram Alsadad Rudi/KompasOtomotifSIrkuit Internasional Buriram

JAKARTA, KOMPAS.com - MotoGP Thailand yang akan berlangsung di Sirkuit Buriram pada 10 Oktober 2021 terancam batal digelar.

Pemerintah Thailand sepakat untuk menunda kontrak penyelenggaraan MotoGP pada Selasa (2/2/2021). Alasan utama pembatalan kontrak tersebut lantaran pandemi Covid-19 yang belum juga usai hingga kini.

Baca juga: Pengguna Knalpot Racing yang Mengalami Pengrusakan Bisa Menuntut Balik

Dikutip dari Crash.net, Rabu (3/2/2021) Bangkok Post melaporkan, Negeri Gajah Putih itu memilih untuk mundur dari MotoGP 2021 dan baru akan memulai kontrak kembali bersama Dorna mulai tahun depan yakni 2022-2026.

Kendati demikian, tidak ada perubahan biaya yang diterima oleh Thailand untuk mendapatkan lisensi sebagi tuan rumah balapan MotoGP dari Dorna selama lima tahun, yakni di angka 25 juta euro (Rp 422 miliar).

Pebalap MotoGP saat bersaing di sirkuit Buriram, Thailand. (Photo by Lillian SUWANRUMPHA / AFP)LILLIAN SUWANRUMPHA Pebalap MotoGP saat bersaing di sirkuit Buriram, Thailand. (Photo by Lillian SUWANRUMPHA / AFP)

Sirkuit Buriram sudah menggelar balapan MotoGP sejak 2018. Balapan di Thailand meraih penonton terbanyak di musim MotoGP 2019 dengan kehadiran 226.655 penggemar dan menghasilkan keuntungan 95 juta euro (Rp 1,6 triliun).

Baca juga: Cek Harga Skutik Bongsor 150cc Februari 2021 Sebelum PCX 160 Meluncur

Pada putaran lalu, MotoGP Thailand tidak digelar akibat merebaknya pandemi Covid-19. Ada pun seluruh balapan MotoGP 2020 digelar di Benua Eropa.

Namun, pihak Dorna belum secara resmi mengkonfirmasi pembatalan seri MotoGP Thailand 2021. Mereka ingin menegaskan kembali komitmen perusahaan untuk penyelenggaraan balapan tersebut terlebih dahulu.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X