Meluncur di Jiran, Fortuner Facelift Usung Mesin dan Fitur Baru

Kompas.com - 03/02/2021, 13:41 WIB
Toyota Fortuner facelift di Malaysia mengusung tampilan ala Fortuner Thailand. PAULTAN.orgToyota Fortuner facelift di Malaysia mengusung tampilan ala Fortuner Thailand.
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Setelah hadir Indonesia, Toyota Fortuner facelift akhirnya meluncur juga di Malaysia. Namun kehadiran Fortuner baru di Negeri Jiran membawa sejumlah perbedaan dibandingkan model yang dijual di Tanah Air.

Dilansir dari Paultan, Rabu (3/2/2021), UMW Toyota Motor di Malaysia rupanya hanya menyediakan tiga varian Fortuner di sana.

Varian 2.4 AT 4x4 jadi varian termurah dengan harga 167.357 ringgit atau setara Rp 580 jutaan.

Namun varian ini khusus dijual dengan jumlah terbatas di wilayah Malaysia Timur saja. Tepatnya di Sabah, Sarawak, dan Labuan.

Baca juga: Langka, Toyota Limo Transmisi Matik Bekas Taksi Dijual Rp 90 Jutaan

Toyota Fortuner facelift meluncur di Malaysia.PAULTAN.org Toyota Fortuner facelift meluncur di Malaysia.

Kemudian varian yang berbeda dan mengusung mesin baru adalah 2.8 VRZ 4x4, yang dibanderol 203.183 atau sekitar Rp 704 jutaan.

Varian VRZ mengusung spek serta desain Fortuner di Thailand, dengan gril dengan motif sarang lebah baru, bumper depan baru, termasuk lampu depan baru dengan DRL LED.

Ubahan juga berlanjut ke bagian belakang, di mana bumper, lampu belakang, menyesuaikan dengan desain sporty di depan.

Baca juga: Darurat BBM Nyaris Habis, Tak Perlu Matikan AC Cukup Lakukan Ini

Toyota Fortuner facelift di Malaysia.PAULTAN.org Toyota Fortuner facelift di Malaysia.

Detail lain yang berubah pilar A dan spion yang dihitamkan, spoiler belakang, serta satu set pelek berukuran 18 inci.

Urusan mesin, varian ini mendapatkan unit 1GD-FTV 2.800 cc turbo diesel dengan tenaga 204 ps atau setara 202 tk dan torsi 500 Nm.

Mesin ini jelas mengalami peningkatan tenaga dibandingkan mesin diesel 2.400 cc bertenaga 150 ps atau setara 148 tk dan torsi 400 Nm yang diusung Fortuner Indonesia.

Baca juga: Cerita Bapak dan Anak Tempuh 5.000 Km Jambi-Timor Leste, Naik All New Nmax

Toyota Fortuner facelift di Malaysia.PAULTAN.org Toyota Fortuner facelift di Malaysia.

Adapun untuk varian 2.7 SRZ 4x4 mengusung tampilan layaknya Fortuner facelift di Tanah Air, yang dipatok 172.244 ringgit atau sekitar Rp 597 jutaan.

Varian ini mengusung mesin bensin 4-silinder 2TR-FE 2.700 cc yang menghasilkan tenaga 166 ps atau setara 164 tk dan torsi 245 Nm.

Kedua varian ini juga telah mendapatkan limited slip differential sebagai standar, termasuk juga 4WD dial transfer yang memungkinkan transisi nyaman dari 2WD ke 4WD dengan cepat hingga kecepatan 100 kpj.

Asyiknya lagi, Fortuner di Malaysia punya fitur canggih yang tak ada di Indonesia. Fitur ini adalah Toyota Safety Sense (TSS) yang mencakup Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Pre-Collision System (PCS), Lane Departure Alert (LDA), Yaw Assist Function (TAF).



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X