Honda CB 100 Cafe Racer yang Enggak Pernah Puas

Kompas.com - 30/01/2021, 09:22 WIB
Honda CB 100 bergaya cafe racer garapan Babenk Custom Dok. KustomfestHonda CB 100 bergaya cafe racer garapan Babenk Custom

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak pernah puas dan selalu mencari pembaruan serta peningkatan, merupakan salah satu sifat dasar manusia. Sifat tersebut dapat terlihat dari perjalanan Honda CB 100 lansiran 1980 ini.

Kadek Sumarjaya, builder Babenk Custom, mengatakan, motor ini sudah dibangun menjadi cafe racer pada 2012 lalu. Di tahun ini, motor tersebut bertransformasi dan dibangun lagi dari nol dengan konsep yang berbeda.

Baca juga: Kawasaki Zephyr 400 Cafe Racer, Simbol Toleransi Keberagaman

"Saya hanya memanfaatkan mesin CB 100 yang dikombinasikan dengan blok Honda Tiger," ujar Kadek, dalam keterangan resminya.

Honda CB 100 bergaya cafe racer garapan Babenk CustomDok. Kustomfest Honda CB 100 bergaya cafe racer garapan Babenk Custom

Kadek menambahkan, mesin tersebut dikawinkan dengan sistem transmisi kepunyaan Honda GL Max dengan 5-percepatan agar kecepatan motor bertambah, serta sesuai dengan konsep.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kepiawaian Babenk Custom menggunakan peralatan di bengkelnya teruji saat membangun motor ini. Hampir seluruh bagian dibuat sendiri dengan peralatan tersebut.

Baca juga: Universitas Budi Luhur Rilis Motor Listrik Neo Cafe Racer

"Mulai dari suspensi depan, suspensi belakang, setang, tuas rem, tangki, dan part-part kecil lainnya, kita bikin sendiri," kata Kadek.

Honda CB 100 bergaya cafe racer garapan Babenk CustomDok. Kustomfest Honda CB 100 bergaya cafe racer garapan Babenk Custom

Paling mencolok dari semua bagiannya memang suspensinya. Suspensi depan menggunakan sokbreker model springer.

Sedangkan suspensi belakang, kelihatannya saja seperti dibuat rigid. Tapi, sebenarnya di belakang disematkan juga sokbreker. Sokbreker belakang dibuat tegak, seperti pada motor-motor klasik BMW.

Honda CB 100 bergaya cafe racer garapan Babenk CustomDok. Kustomfest Honda CB 100 bergaya cafe racer garapan Babenk Custom

Material motor terbuat dari bahan pipa dan pelat besi terbaik yang dipilih di tempat loakan besi tua. Meski demikian, hasil akhir yang berbicara dan motor ini tetap pantas bersaing dengan motor custom lainnya di Kustomfest 2020.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X