Toyota Jadi Merek Terlaris di Dunia 2020

Kompas.com - 30/01/2021, 07:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Motor Corporation (TMC) sukses mengambil alih peringkat produsen otomotif terlaris di dunia sepanjang tahun lalu, mengalahkan pesaing terkuatnya Volkswagen AG.

Mengutip laman resminya, Jumat (29/1/2021), torehan tersebut diperoleh usai Toyota Group meliputi Toyota, Daihatsu, dan Hino mampu mencapai total penjualan 9,528 juta unit selama Januari-Desember 2020 di dunia.

Kinerja itu sejatinya menurun 11,3 persen dibandingkan periode tahun sebelumnya sebagai dampak pandemi virus corona alias Covid-19. Tapi para kompetitornya termasuk VW anjlok hingga di level 15,2 persen.

Baca juga: Realisasi Penjualan Mobil Baru 2020 Anjlok 48,3 Persen

Logo VW dan Toyotadok.reuters Logo VW dan Toyota

Juru bicara Toyota Chisato Yoshifuji, mengatakan, tahun lalu merupakan periode yang berat bagi industri otomotif global. Kendati demikian, lewat berbagai langkah strategis Toyota dinilai mampu menekannya.

“Kami dapat melanjutkan aktivitas perusahaan dan mempertahankan penurunan tahunan pada tingkat seperti itu,” ujar Chisato.

Capaian ini kali pertama dalam lima tahun terakhir Toyota kembali jadi mobil terlaris. Dalam periode sebelumnya, status tersebut dipegang oleh VW.

Baca juga: Kendaraan Listrik Diklaim Mampu Tekan Impor BBM

Adapun tulang punggung dalam penjualan Toyota di 2020 ditopang oleh RAV4. Perusahaan mencatat, model tersebut membukukan penjualan 994.000 unit secara global, meningkat 2,9 persen.

Adapun kontribusi total penjualan kendaraan listrik Toyota di periode sama ialah sebesar 23 persen, meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya mencapai 20 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.