Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Asal, Begini Cara Benar Menyetel Spion Tengah

Kompas.com - 28/01/2021, 14:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Secara umum, spion berfungsi untuk memberikan pengemudi visibilitas yang lebih baik saat berkendara. Seperti halnya di sisi kanan-kiri mobil, kaca spion tengah di kabin juga perlu di atur sebelum berkendara.

Spion tengah di interior tidak hanya bisa memantau isi seluruh kabin dan kendaraan di belakang, tapi juga berguna saat mobil sedang mundur.

Baca juga: Jeep Gladiator dan Wrangler Diajak Bermain di Habitatnya             

Kepala Bengkel Auto2000 Cibinong Deni Adrian mengatakan, pengemudi yang ingin mengatur kaca spion tengah harus disesuaikan dengan postur tubuh pengendara dan posisi mengemudi yang nyaman.

Posisi duduk Toyota Supra 2019 yang mantap dapat ditemukan dengan trik khususKompas.com - AFH Posisi duduk Toyota Supra 2019 yang mantap dapat ditemukan dengan trik khusus

Deni melanjutkan, sebelum menyetel spion, atur dulu posisi berkendara pengemudi. Manfaatkan tuas reclining atau pengaturan maju-mundur, juga pengaturan ketinggian jok.

“Jika sudah mendapat posisi ideal untuk berkendara, arahkan pengelihatan spion tengah dengan menekan kaca ke atas, bawah, kanan, dan kiri. Usahakan ketika melihat spion, kepala tidak hanya bergerak,” ujar Deni saat dihubungi kompas.com, Rabu (28/1/2021).

Baca juga: Jam Operasional Transportasi Umum Diperpanjang Sampai Pukul 21.00 WIB

Pastikan juga pengemudi dapat melihat posisi belakang mobil, agar dapat mengetahui jarak belakang mobil dengan kendaraan lain.

“Selain itu, spion tengah juga membantu pengemudi untuk melihat belakang saat mobil hendak mundur, misalnya saat parkir. Jadi bisa mengetahui jarak mobil dengan tembok atau objek yang berada di belakang,” kata Deni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com