Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jangan Asal, Begini Cara Benar Menyetel Spion Tengah

JAKARTA, KOMPAS.com - Secara umum, spion berfungsi untuk memberikan pengemudi visibilitas yang lebih baik saat berkendara. Seperti halnya di sisi kanan-kiri mobil, kaca spion tengah di kabin juga perlu di atur sebelum berkendara.

Spion tengah di interior tidak hanya bisa memantau isi seluruh kabin dan kendaraan di belakang, tapi juga berguna saat mobil sedang mundur.

Kepala Bengkel Auto2000 Cibinong Deni Adrian mengatakan, pengemudi yang ingin mengatur kaca spion tengah harus disesuaikan dengan postur tubuh pengendara dan posisi mengemudi yang nyaman.

Deni melanjutkan, sebelum menyetel spion, atur dulu posisi berkendara pengemudi. Manfaatkan tuas reclining atau pengaturan maju-mundur, juga pengaturan ketinggian jok.

“Jika sudah mendapat posisi ideal untuk berkendara, arahkan pengelihatan spion tengah dengan menekan kaca ke atas, bawah, kanan, dan kiri. Usahakan ketika melihat spion, kepala tidak hanya bergerak,” ujar Deni saat dihubungi kompas.com, Rabu (28/1/2021).

Pastikan juga pengemudi dapat melihat posisi belakang mobil, agar dapat mengetahui jarak belakang mobil dengan kendaraan lain.

“Selain itu, spion tengah juga membantu pengemudi untuk melihat belakang saat mobil hendak mundur, misalnya saat parkir. Jadi bisa mengetahui jarak mobil dengan tembok atau objek yang berada di belakang,” kata Deni.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/01/28/140100015/jangan-asal-begini-cara-benar-menyetel-spion-tengah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke