Jam Operasional Transportasi Umum Diperpanjang Sampai Pukul 21.00 WIB

Kompas.com - 28/01/2021, 12:01 WIB
Bus transjakarta melintas di Jalan M.H Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (6/2/2020). Jumlah pengguna transjakarta telah menembus 1 juta penumpang per hari. Jumlah penumpang sebanyak 1.006.579 orang tercatat pada Selasa (4/2/2020). KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGBus transjakarta melintas di Jalan M.H Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (6/2/2020). Jumlah pengguna transjakarta telah menembus 1 juta penumpang per hari. Jumlah penumpang sebanyak 1.006.579 orang tercatat pada Selasa (4/2/2020).
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Perhubungan DKI Jakarta memutuskan memperpanjang jam operasional sejumlah sarana transportasi di Ibu Kota selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) hingga pukul 21.00 WIB.

Keputusan tersebut berlaku mulai mulai 26 Januari hingga 8 Februari 2021, sebagaimana tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Nomor 39 Tahun 2021 terkait Petunjuk Teknis Pembatasan Kapasitas Angkut dan Waktu Operasional Sarana Transportasi dalam Rangka PSBB.

"Transjakarta, angkutan umum reguler, Moda Raya Terpadu (MRT), dan Lintas Raya Terpadu (LRT) beroperasi pada pukul 05.00-21.00 WIB," tulis aturan yang sudah ditandatangani oleh Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo tersebut, Rabu (27/1/2021).

Baca juga: Fasilitas Mewah yang Ada di Bus AKAP Kelas Eksekutif

Keramaian komuter yang memakai masker di dalam MRT Singapura yang melintas di distrik Telok Ayer yang terletak di pusat kota, Sabtu sore (03/10/2020). Angka infeksi harian Covid-19 di Singapura menyentuh satu digit tepatnya 6 kasus untuk pertama kalinya dalam 7 bulan terakhir.KOMPAS.com/ ERICSSEN Keramaian komuter yang memakai masker di dalam MRT Singapura yang melintas di distrik Telok Ayer yang terletak di pusat kota, Sabtu sore (03/10/2020). Angka infeksi harian Covid-19 di Singapura menyentuh satu digit tepatnya 6 kasus untuk pertama kalinya dalam 7 bulan terakhir.

Kemudian, angkutan tenaga kesehatan Transjakarta beroperasi pukul 20.30 - 22.00 WIB. Sementara angkutan perairan beroperasi pada pukul 05.00-18.00 WIB dan kereta rel listrik (KRL) Jabodetabek menyesuaikan pola operasional PT KAI Commuter Jabodetabek (04.00-22.00 WIB).

Adapun waktu operasional prasarana transportasi umum beserta fasilitas penunjangnya menyesuaikan pengaturan waktu operasional sarana transportasi umum.

Prasarana meliputi terminal bus dalam kota, stasiun MRT, stasiun LRT, dermaga/pelabuhan, pengumpan regional, pengumpan lokal, serta halte bus.

Para operator transportasi umum juga diminta turut menggunakan alat pelindung diri paling tidak masker, serta menyediakan hand sanitizer yang dapat digunakan penumpang.

Baca juga: Kapolri Utamakan ETLE, Ingat Lagi Lokasi Kamera Tilang di Jakarta

Sejumlah pengendara ojek online dilibatkan Kodim Cianjur untuk mendistribusikan bantuan paket sembako kepada warga kurang mampu yang terdampak Covid-19, Rabu (8/7/2020).Istimewa Sejumlah pengendara ojek online dilibatkan Kodim Cianjur untuk mendistribusikan bantuan paket sembako kepada warga kurang mampu yang terdampak Covid-19, Rabu (8/7/2020).

Mengenai kapasitas penumpang pada setiap transportasi umum sendiri belum berubah, tetap dibatasi maksimal 50 persen dari kapasitas seharusnya. Serupa untuk pengemudi ojek online dan pangkapan yang diperbolehkan mengangkut penumpang.

Hanya saja, wajib menerapkan protokol kesehatan dan dilarang berkurumun lebih dari lima orang saat menunggu penumpang.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X