Kompas.com - 13/01/2021, 10:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Situasi pandemi yang tak kunjung selesai membuat banyak hal jadi terbatasi. Untuk itu, langkah bijak diambil untuk meniadakan sesi tes pra-musim di Sirkuit Sepang, Malaysia.

Dikutip dari Speedweek.com, shakedown test yang rencananya digelar pada 14-16 Februari di Sepang resmi dibatakan FIM, IRTA, dan Dorna Sports. Termasuk sesi tes pra-musim yang dijadwalkan pada 19-21 Februari.

Baca juga: Tes Pramusim MotoGP Sepang Terancam Batal, Dorna Siapkan Alternatif

Dengan dibatalkannya Malaysia sebagai tuan rumah pada dua sesi tes pra-musim, maka Sirkuit Portimao (Portugal) dan Sirkuit Jerez (Spanyol) memiliki kemungkinan untuk menggelar sesi tes tersebut.

Pebalap MotoGP dari tim Repsol Honda, Marc Marquez, bersiap untuk keluar dari pit pada hari pertama sesi tes pramusim MotoGP di Sirkuit Sepang, 7 Februari 2020.AFP/MOHD RASFAN Pebalap MotoGP dari tim Repsol Honda, Marc Marquez, bersiap untuk keluar dari pit pada hari pertama sesi tes pramusim MotoGP di Sirkuit Sepang, 7 Februari 2020.

Tapi, dengan kondisi cuaca di Jerez yang saat ini masih termasuk musim dingin, kemungkinan besar Sirkuit Portimao yang akan digunakan.

Sirkuit Losail, Qatar, juga rencananya akan digunakan sebagai tempat menggelar sesi tes pra-musim pada 10-12 Maret. Hingga kini, belum ada kepastian apakah akan lanjut atau dibatalkan seperti musim lalu.

Baca juga: Sesi Tes Pra-Musim 2021 di Sirkuit Sepang Masih Diragukan

Kabarnya, Petronas Yamaha Sepang Racing Team juga akan melakukan peluncuran tim bersama kedua pebalapnya, Valentino Rossi dan Franco Morbidelli, pada sesi tes tersebut. Nampaknya, tim satelit Yamaha ini harus mencari tanggal baru untuk peluncuran tim.

Meskipun pengembangan mesin dibekukan karena pandemi, tapi shakedown test dan sesi tes pra-musim memiliki fungsi yang cukup krusial. Sebab, dengan sesi tes tersebut setiap tim bisa lebih siap dan matang untuk balapan di musim yang akan dijalani.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.