Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sirkuit Sepang Mulai Buka Wacana Gelar Night Race

JAKARTA, KOMPAS.com - Sirkuit Sepang, Malaysia, sudah cukup lama menjadi tuan rumah MotoGP. Selama ini, balapan selalu digelar pada siang hari. Namun, pihak sirkuit juga ternyata mempertimbangkan untuk menggelar balapan malam.

Dari seluruh sirkuit yang menjadi tuan rumah MotoGP, hanya Sirkuit Losail, Qatar, yang menggelar balapan pada malam hari. Sebab, pada siang hari, banyak pasir yang mengotori sirkuit, mengingat lokasinya yang berada di tengah padang pasir.

Di Sepang sendiri, sebenarnya tidak ada masalah dengan menggelar balapan pada siang hari. Meskipun, terkadang cuaca yang cukup panas menyulitkan pebalap untuk beradaptasi.

CEO Sirkuit Sepang Razlan Razali, mengatakan, untuk menggelar night race, perlu mengecek terlebih dahulu sistem pencahayaannya dengan Franco Uncini, yang bertanggung jawab pada keamanan di FIM.

"Sistem pencahayaannya dibangun oleh orang yang sama yang membangun trek di Qatar dan menyuplai di Bahrain. Dia (Uncini) akan memertimbangkan peningkatan apa yang dibutuhkan," ujar Razlan, dikutip dari Speedweek.com.

Razlan menambahkan, dirinya saat ini masih menjabat sebagai CEO Sirkuit Sepang. Tapi, untuk masa depan, CEO berikutnya juga akan memikirkan soal inovasi night race ini.

"Menurut saya, jika memungkinkan untuk menggelar balap tahun ini, akan memungkinkan juga untuk mengevaluasi kemungkinan diadakannya night race," kata Razlan.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/01/22/134100315/sirkuit-sepang-mulai-buka-wacana-gelar-night-race

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke