Pentingnya Sekring buat Optimalisasi Kinerja Audio Mobil

Kompas.com - 21/01/2021, 14:01 WIB
Paket hemat audio untuk mobil murah Aditya Maulana, KompasOtomotifPaket hemat audio untuk mobil murah
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Memaksimalkan kinerja audio pada mobil kesayangan tidak hanya dapat dilakukan melalui pergantian perangkat keras seperti speaker saja.

Piranti kecil seperti kabel dan fuse pun penting untuk diperhatikan.

Pasalnya, fuse atau biasa dikenal sekring berfungsi untuk menjaga arus listrik tetap stabil antara perangkat lunak dan keras di audio sehingga menghasilkan kualitas suara baik.

Sementara kabel berguna untuk mengalirkan arus listrik dan sinyal suara yang terbagi dalam beberapa jenis sesuai peruntukannya, seperti kabel setrum, kabel interconnects, serta kabel speaker.

Baca juga: Kenapa Emak-emak Sering Salah Kasih Lampu Sein, Sein Kanan Belok Kiri?

Ilustrasi teknisi sedang merakit jalur kabel audio mobil.GridOto.com/Dipo Ilustrasi teknisi sedang merakit jalur kabel audio mobil.

"Arus listrik tidak stabil dapat sangat mempengaruhi kualitas suara yang dihasilkan. Sehingga, perangkat kecil itu patut diperhatikan terkhusus pada sekring karena cukup rentan," ujar CEO Audio Plus Indonesia Group Andreas Tjahjadi, belum lama ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Sekring yang tidak memadai membuat sering terjadinya penurunan daya yang kemudian berdampak pada kinerja audio," tambahnya.

Sejalan dengan hal tersebut, ia kemudian memperkenalkan sekring premium yaitu Harmonic Harmony High End ANL Fuse.

Keandalannya, mampu meminimalisir penurunan tegangan arus listrik dan meningkatkan keselamatan.

Baca juga: Begini Cara Kerja Kamera Tilang Elektronik di Jakarta

Sekring premium untuk audio mobil menggunakan balutan kayu khususdok.Audio Plus Indonesia Sekring premium untuk audio mobil menggunakan balutan kayu khusus

"Perangkat ini mengunakan komponen kabel dengan jalinan sleeve, PE sleeve, PVC sleeve, katun, dan bahan berkualitas tinggi lainnya supaya gangguan frekuensi radio (RFI) dikurangi," ujar Andreas.

Menariknya, sekring itu tidak menggunakan casing plastik melainkan casing kayu khusus yang membungkus konduktornya. Adapun varian produk ini ada tiga, yaitu 30A, 100A, dan 200A.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.