Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Diesel Harus Setia pada Satu Jenis Solar, Mitos Atau Fakta?

Kompas.com - 17/01/2021, 08:01 WIB
Ari Purnomo,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Memilih jenis bahan bakar untuk mobil pribadi sebaiknya menyesuaikan dengan rekomendasi dari pabrikan.

Tidak hanya untuk mobil berbahan bakar bensin, tetapi untuk tipe solar sebaiknya juga sesuai dengan jenis yang disarankan.

Hanya saja, tidak sedikit pemilik mobil diesel yang sering berganti jenis solar dengan tujuan untuk mendapatkan performa yang lebih bagus.

Padahal, langkah tersebut justru bisa berdampak pada komponen maupun akselerasi kendaraan jika jenis yang digunakan tidak sesuai.

Baca juga: Membeli Kendaraan Bekas, Perlu Cek Status STNK?

Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, sering berganti-ganti jenis solar bisa berdampak pada komponen kendaraan. Salah satunya adalah filter solar.

Ilustrasi filter solarebayimg.com Ilustrasi filter solar

“Sering berganti-ganti jenis solar bisa menyebabkan filter solar cepat kotor karena beda kandungannya dan harus diganti lebih cepat dibandingkan usia rata-ratanya,” kata Didi kepada Kompas.com, Sabtu (16/1/2021).

Didi menambahkan, untuk usia pemakaian filter solar rata-rata sampai 5.000 kilometer dan harus dilakukan penggantian dengan yang baru.

“Setiap 5.000 kilometer sekali harus dilakukan pemeriksaan biasanya sela-selanya sudah rusak dan harus diganti. Tapi kalau sering ganti-ganti jenis solar, bisa saja periode penggantiannya lebih cepat,” ujarnya.

Baca juga: Blokir STNK Bisa dari Rumah, Begini Caranya

Untuk itu, Didi pun menyarankan, agar pemilik kendaraan menggunakan jenis solar yang sesuai dengan rekomendasi dari pabrikan saja.

Dengan menggunakan bahan bakar yang sesuai maka bisa menjaga komponen agar lebih awet dan bekerja sesuai dengan seharusnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com