Bisa Lari 160 Kpj, Motor Listrik BL-SEV01 Ingin Jajal Sirkuit Sentul

Kompas.com - 15/01/2021, 17:01 WIB
Motor Listrik BL-SEV01 Foto: Universitas Budi LuhurMotor Listrik BL-SEV01
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Usai diperkenalkan, dalam waktu dekat motor listrik Budi Luhur - Sport Electric Vehicle 01 atau disingkat BL-SEV01 akan diuji di sirkuit balap.

Kepala Pusat Studi Kendaraan Listrik Universitas Budi Luhur, Sujono, mengatakan, pihaknya terus melakukan seting agar motor prototipe itu mendapat performa terbaik.

"Masih menjadi catatan kami bahwa ini harus diuji di arena sirkuit balap. Karena memang secara konsep spesifikasi motor ini masuk high performance, jadi kita dedikasikan untuk lebih ke balap bukan untuk pemakaian sehari-hari atau biasa," katanya saat peluncuran daring, Kamis (15/1/2021)

Baca juga: Kapan Motor Listrik Elbike Bima Enduro Diproduksi Massal?

Motor Listrik BL-SEV01Foto: Universitas Budi Luhur Motor Listrik BL-SEV01

Sujono mengatakan, sampai saat ini pihaknya belum menemukan kendala berarti. Sebab sebelum ini pihaknya sudah membuat dua model motor listrik lain yaitu BL-40 dan BL-CEVO1.

"Ini perlu dites performanya di arena balap. Mungkin nanti dalam waktu dekat kami akan tes di arena balap terdekat mungkin Sentul atau lainnya," kata Sujono.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di atas kertas dengan spesifikasi yang diusung, motor listrik BL-SEV01 bisa dipacu sampai kecepatan 160 kpj. Tapi hal itu masih berupa simulasi belum tes secara nyata.

Baca juga: Universitas Budi Luhur Rilis Motor Listrik Neo Cafe Racer

Motor Listrik BL-SEV01Foto: Universitas Budi Luhur Motor Listrik BL-SEV01

Sujono menjelaskan, simulasi yang dilakukan yaitu menggunakan perangkat lunak untuk seting kontrolernya dengan beberapa asumsi berat motor dan berat pengendara.

Karena itu kata Sujono, tes di sirkuit perlu untuk pembuktian.

"Kemampuannya bisa sampai 130 kpj-160 kpj. Tapi dari pengalaman yang sudah-sudah dari hasil simulasi biasanya penurunannya (top speed) tidak terlalu jauh," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.