Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bisa Lari 160 Kpj, Motor Listrik BL-SEV01 Ingin Jajal Sirkuit Sentul

JAKARTA, KOMPAS.com - Usai diperkenalkan, dalam waktu dekat motor listrik Budi Luhur - Sport Electric Vehicle 01 atau disingkat BL-SEV01 akan diuji di sirkuit balap.

Kepala Pusat Studi Kendaraan Listrik Universitas Budi Luhur, Sujono, mengatakan, pihaknya terus melakukan seting agar motor prototipe itu mendapat performa terbaik.

"Masih menjadi catatan kami bahwa ini harus diuji di arena sirkuit balap. Karena memang secara konsep spesifikasi motor ini masuk high performance, jadi kita dedikasikan untuk lebih ke balap bukan untuk pemakaian sehari-hari atau biasa," katanya saat peluncuran daring, Kamis (15/1/2021)

Sujono mengatakan, sampai saat ini pihaknya belum menemukan kendala berarti. Sebab sebelum ini pihaknya sudah membuat dua model motor listrik lain yaitu BL-40 dan BL-CEVO1.

"Ini perlu dites performanya di arena balap. Mungkin nanti dalam waktu dekat kami akan tes di arena balap terdekat mungkin Sentul atau lainnya," kata Sujono.

Di atas kertas dengan spesifikasi yang diusung, motor listrik BL-SEV01 bisa dipacu sampai kecepatan 160 kpj. Tapi hal itu masih berupa simulasi belum tes secara nyata.

Sujono menjelaskan, simulasi yang dilakukan yaitu menggunakan perangkat lunak untuk seting kontrolernya dengan beberapa asumsi berat motor dan berat pengendara.

Karena itu kata Sujono, tes di sirkuit perlu untuk pembuktian.

"Kemampuannya bisa sampai 130 kpj-160 kpj. Tapi dari pengalaman yang sudah-sudah dari hasil simulasi biasanya penurunannya (top speed) tidak terlalu jauh," katanya.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/01/15/170100815/bisa-lari-160-kpj-motor-listrik-bl-sev01-ingin-jajal-sirkuit-sentul-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke