Komponen Ini Umurnya Panjang, tapi Kalau Tak Dipakai Bikin Umur Pengendara Bisa Pendek

Kompas.com - 10/01/2021, 11:01 WIB
Bersihkan seat belt acijogja.comBersihkan seat belt

JAKARTA, KOMPAS.com - Sabuk pengaman atau safety belt mempunyai peran yang sangat vital pada kendaraan, untuk menjaga keselamatan pengemudi maupun penumpang.

Seperti contoh banyaknya kecelakaan yang menimbulkan korban jiwa, bisa dijadikan pelajaran bagi semua pengguna kendaraan untuk memahami pentingnya menggunakan sabuk pengaman. Jaga kondisi sabuk pengaman sehingga bisa berfungsi optimal saat digunakan.

Baca juga: Tips Mengemudi Amam di Jalan Sempit, Wajib Jaga Kecepatan

Jika sabuk pengaman tidak berfungsi sebagaimana mestinya, maka sebaiknya segera dilakukan pemeriksaan atau perbaikan ke bengkel.

Mengingat, fungsinya yang cukup penting dari sabuk pengaman adalah mengantisipasi terjadinya benturan yang lebih fatal saat kecelakaan terjadi.

seat beltgahighwaysafety.org seat belt

Service Part Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Anjar Rosjadi mengatakan, pada dasarnya sabuk pengaman atau seat belt tidak membutuhkan perawatan seperti komponen mobil yang lainnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Akan tetapi, jika sabuk pengaman ada kendala seperti tidak mau menarik secara otomatis setelah digunakan hal itu perlu dilakukan pengecekan.

Baca juga: Berapa Lama Hasil Uji Emisi Kendaraan Berlaku?

“Selama sabuk pengaman bisa berfungsi normal tidak perlu dilakukan perawatan. Tetapi, jika terjadi masalah seperti tidak mau menarik lagi baru dilakukan pengecekan kondisi roll di dalam pilar,” ujar Anjar kepada Kompas.com.

Jika setelah dilakukan pengecekan, kemudian ditemukan adanya kerusakan maka perlu dilakukan penggantian. Sehingga fungsi sabuk pengaman bisa kembali seperti sedia kala.

Ilustrasi seat beltwww.oralanswers.com Ilustrasi seat belt

“Setelah dilakukan pengecekan dan ternyata sudutnya sudah tidak sesuai tapi tidak mau menarik, itu baru dilakukan penggantian,” katanya.

Hal serupa juga disampaikan oleh Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi. Menurutnya, selama ini sabuk pengaman sudah didesain memiliki umur yang panjang.

Bahkan usia sabuk pengaman setara dengan usia mobil. Sehingga, tidak perlu ada perawatan untuk menjaga kondisinya agar tetap maksimal.

Baca juga: Honda Rombak Kei Car Jadi Kedai Kopi Berjalan

“Untuk perawatan sabuk pengaman tidak perlu dilakukan. Itu biasanya tahan lama seperti usia mobil,” ucap Didi.

Tetapi, lanjutnya jika sabuk pengaman tidak berfungsi sebagaimana mestinya kemungkinan ada kerusakan pada pegasnya. Hal itulah yang menyebabkan sabuk pengaman tidak mau menarik secara otomatis setelah digunakan.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.