Apple Gandeng Hyundai untuk Produksi Apple Car

Kompas.com - 08/01/2021, 14:01 WIB
Ilustrasi Apple Car GizmodoIlustrasi Apple Car

JAKARTA, KOMPAS.com - Hyundai Motor mengkonfirmasi pembicaraan dengan Apple untuk potensi produksi Apple Car.

Rumor tentang Apple Car memang sudah terdengar dalam beberapa minggu terakhir. Nampaknya Apple memang sedang melakukan pembicaraan dengan produsen mobil untuk memproduksi mobil listrik pertamanya.

Baca juga: Jangan Coba-coba Balap Liar, Kena Razia Motor Disita Polisi

Dilansir dari 9to5mac, Jumat (8/1/2021), menyusul laporan dari situs Korea Hankyung, Hyundai mengonfirmasi bahwa pihaknya melakukan diskusi awal dengan Apple tentang produksi mobil barunya.

Laporan asli dari situs Korea Selatan mengklaim bahwa Apple telah bernegosiasi dengan Hyundai Motor untuk memproduksi Apple Car yang sudah lama dirumorkan.

Kabarnya, Hyundai akan membantu Apple memproduksi kendaraan listriknya dan mengembangkan baterai khusus yang akan menggerakkan Apple Car.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Apple Car 2076.Carscoops Apple Car 2076.

Menurut Hankyung, pengembangan komponen Apple Car akan dilakukan di salah satu fasilitas Hyundai Motors di Amerika Serikat.

Laporan itu juga menguatkan apa yang sudah dikatakan Bloomberg sebelumnya tentang Apple Car yang kemungkinan akan di produksi 5 hingga 7 tahun lagi, karena mobil itu diklaim akan diperkenalkan pada 2027.

Kabar ini juga sudah dikonfirmasi oleh Hyundai melalui CNBC. Meski telah melewati beberapa proses, pihak Hyundai mengatakan bahwa diskusi masih dalam tahap awal.

“Kami memahami bahwa Apple sedang berdiskusi dengan berbagai produsen mobil global, termasuk Hyundai Motor. Karena diskusi masih pada tahap awal, belum ada yang diputuskan,” ujar perwakilan perusahaan yang dikutip dari CNBC.

Baca juga: Jangan Abai, Ini 3 Faktor Penyebab Aquaplaning

Ini bukan pertama kalinya rumor menyebutkan bahwa Apple akan mengandalkan mitra untuk memproduksi mobil listrik sendiri.

Sebab perusahaan yang berbasis di Cupertino, California, Amerika Serikat, tersebut belum memiliki fasilitas yang siap untuk membuat mobil.

Tahun lalu, Reuters melaporkan bahwa produksi Apple Car diharapkan akan dimulai pada 2024 dengan terobosan teknologi baterai yang menawarkan jangkauan yang lebih jauh dan juga biaya yang lebih rendah.

Masih belum jelas kapan Apple akan meluncurkan Apple Car, namun tampaknya perusahaan masih mengerjakannya dengan rencana yang konsisten untuk memperkenalkannya sebelum dekade berikutnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.