Kompas.com - 08/01/2021, 13:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sosialisasi penerapan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 66 Tahun 2020 tentang Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor terus dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta. Terbaru, bulan ini dilaksanakan uji emisi gratis bagi kendaraan di wilayah DKI Jakarta.

"Uji emisi ini sekaligus menjadi sosialisasi bagi masyarakat soal kewajiban melakukan tes gas buang kendaraan, khususnya bagi pemilik motor maupun mobil yang sudah berusia 3 tahun di Jakarta," ucap Tiyana Brotoadi, Kepala Seksi (Kasie) Penanggulangan Pencemaran Lingkungan DLH DKI Jakarta, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Sanksi Uji Emisi Juga Berlaku Bagi Kendaraan Luar Jakarta

Pergub mengenai uji emisi ini sudah diterbitkan sejak Juli 2020 lalu dan akan berlaku pada 24 Januari 2021 mendatang. Beberapa diantaranya mengatur mengenai disinsentif biaya parkir tertinggi serta penilangan bagi yang tidal lulus atau yang tidak mengikuti uji emisi.

Salah satu kegiatan uji emisi yang sudah dilakukan berlangsung pada Rabu, 6 Januari 2021 lalu di jalan Pemuda, Jakarta Timur.

Nampak ratusan pengendara motor dan mobil mengantre untuk melakukan pengujian yang berdampak pada kepadatan lalu lintas di sekitar lokasi.

Seperti apa informasi mengenai uji emisi tersebut? Simak video berikut

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.