Jangan Coba-coba Balap Liar, Kena Razia Motor Disita Polisi

Kompas.com - 08/01/2021, 12:41 WIB
Foto: Tangkapan layar dari sebuah video yang diabadikan warga dari lokasi balap liar di Jalan Merdeka, Kelurahan Proklamasi, Kecamatan Siantar Barat, Kota Pematangsiantar, Sabtu (18/7/2020) sekitar Pukul 13.00 WIB. KOMPAS.COM/Teguh PribadiFoto: Tangkapan layar dari sebuah video yang diabadikan warga dari lokasi balap liar di Jalan Merdeka, Kelurahan Proklamasi, Kecamatan Siantar Barat, Kota Pematangsiantar, Sabtu (18/7/2020) sekitar Pukul 13.00 WIB.

JAKARTA, KOMPAS.com - Puluhan sepeda motor telah dilakukan tindakan berupa penilangan usai dirazia, karena mengikuti balap liar jelang akhir tahun lalu. Pengendara yang hendak mengambil kendaraannya, patut mematuhi syarat khusus.

Kasat Lantas Polresta Sidoarjo AKP Wikha Ardilestanto mengatakan, para pemilik motor terkait harus datang bersama orang tua dan kepala desa atau RT/RW.

"Kemudian membuat surat pernyataan tidak akan mengulangi perbuatan serupa dengan mengetahui orang tua dan kepala desa atau RT/RW," ujar dia pada keterangan tertulis belum lama ini.

Baca juga: Cara Mudah Menghitung Pajak Progresif Kendaraan Bermotor

Polres Klungkung mengamankan 55 motor saat razia balap liarIstimewa Polres Klungkung mengamankan 55 motor saat razia balap liar

Di samping itu, mereka juga harus membawa dokumen kendaraan dan mengembalikan kondisi motor sesuai dengan keadaan semula baik dari knalpot, spion, roda, bodi, sampai TNKB.

Khusus di daerah Sidoarjo, pemilik motor pun wajib menjalani pembinaan di Aula Bhara Daksa. Mereka akan diberi arahan terkait penggunaan motor agar tak digunakan pada hal yang tak sesuai aturan.

"Melalui langkah ini, kami yakin para pemilik motor bisa jera dan tidak mengulangi perbuatannya. Sebab, balap liar meresahkan warga," kata Wikha.

Baca juga: Berkendara Selama PSBB Transisi, di Dalam Mobil Wajib Pakai Masker

Sebelumnya, pekan lalu, Satlantas Polresta Sidoarjo merazia balap liar di Jalan Jenggolo, sebelah utara Alun-alun Sidoarjo. Padahal, kala itu lalin terbilang ramai arus.

Pada aksi tersebut, petugas sukses menahan 50 sepeda motor. Pihak terkait lantas diminta untuk mengonfirmasi prilakunya dengan memenuhi beberapa persyaratan tadi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.