Kompas.com - 07/01/2021, 16:01 WIB
Review KIA Sonet ke luar kota. LSUV terbaru ini menawarkan beragam fitur yang bersaing di kelasnya Kompas.com / Setyo AdiReview KIA Sonet ke luar kota. LSUV terbaru ini menawarkan beragam fitur yang bersaing di kelasnya
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kia Sonet yang masuk ke Indonesia berbeda dengan model yang ada di India. Pasalnya di Tanah Air, Sonet hanya tersedia dengan satu pilihan mesin, yakni Gamma II DOHC, Dual CVVT berkubikasi 1.493 cc.

Mesin tersebut disandingkan dengan sistem transmisi CVT bernama Intelligent Variable Transmission (IVT) 8 percepatan.

Berdasarkan data, olahan mesin tanpa turbo tersebut mampu memproduksi tenaga hingga 11 PS atau 113 tk pada 6.300 rpm, sementara torsinya juga lumayan besar, yakni 144 Nm di putaran 4.500 rpm.

Baca juga: Ulik Desain Agresif SUV Murah Korea, Kia Sonet

Saat menjajal Sonet beberapa waktu lalu, tarikan pada pada putaran bawahnya cukup terisi. Hal ini membuat SUV asal Korea Selatan yang diproduksi di India tersebut memiliki respons cukup baik.

Kia Sonet Resmi meluncur di IndonesiaKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Kia Sonet Resmi meluncur di Indonesia

Apalagi ketika mengajaknya menjelajah jalur berliku di Kawasan Lembang, Jawa Barat. Dimensinya yang compact cukup asik diajak mengikuti ritme jalan yang yang meliuk.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal tersebut juga menandakan sisi handling yang mempuni. Meskipun masih terasa sedikit gejala limbung ketika diajak bermanuver tajam, namun berkat electronic stability control (ECS) cukup membantu pengendalian Sonet lebih persisi.

Tenaga yang dihasilkan juga tidak mengecewakan. Sonet mampu dengan mudah melewati rute menanjak dan berkelok di kawasan Lembang, hampir tak ada gejala delay setiap kali menekan pedal gas lebih dalam.

Sementara ketika mengajaknya berlari lebih cepat di jalan tol, tenaga pada putaran atasnya sudah mulai teras sejak rpm menyentuh angka 3.000. Meski tak sepadat Seltos, tapi sensasi performanya patut untuk diperhitungkan.

Baca juga: Impresi Futuristik Kabin Kia Sonet

Apalagi ketika pedal gas di kick down, tak butuh waktu lama untuk Sonet langsung berakselerasi. Ditambah lagi, perpindahan gigi transmisi IVT-nya juga cukup smooth tanpa ada hentakan, cukup berbeda dengan kakaknya yang mengadopsi dual clutch transmission (DCT).

Review KIA Sonet ke luar kota. LSUV terbaru ini menawarkan beragam fitur yang bersaing di kelasnyaKompas.com / Setyo Adi Review KIA Sonet ke luar kota. LSUV terbaru ini menawarkan beragam fitur yang bersaing di kelasnya

Bila ingin merasakan lebih optimal tenaganya, tinggal pilih mode Sport yang membuat putaran mesin terasa lebih responsif. Sementara untuk penggunaan hari-hari cukup di Eco atau Normal.

Kia Sonet juga hadir dengan tiga pilihan traksi untuk menyesuaikan kebutuhan medan jalan yang dilalui, yakni Mud, Sand, dan Snow.

Baca juga: Nissan Magnite Hadir, Suzuki XL7 dan MG Kerek Harga Awal 2021

Secara keseluruhan, Sonet menawarkan sensasi berkendara yang fun to drive sebagai pemain baru di Tanah Air.

Review KIA Sonet ke luar kota. LSUV terbaru ini menawarkan beragam fitur yang bersaing di kelasnyaKompas.com / Setyo Adi Review KIA Sonet ke luar kota. LSUV terbaru ini menawarkan beragam fitur yang bersaing di kelasnya

Namun Sonet bukan tanpa ada kekurangan, salah satunya adalah minus fitur paddle shift yang harusnya lebih memudahkan pengendara untuk mengatur perpindahan transmisi 8 percepatan IVT-nya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X