Bawa Suzuki Juara Dunia, Davide Brivio Malah Pindah ke Formula 1

Kompas.com - 07/01/2021, 15:41 WIB
Tim balap Suzuki Ecstar MotoGP 2020. Suzuki MotoGPTim balap Suzuki Ecstar MotoGP 2020.
|

JEREZ, KOMPAS.com - Manajer tim Suzuki Ecstar Davide Brivio dikabarkan meninggalkan Suzuki MotoGP dan bergabung dengan tim F1 Alpine alias Renault.

Kabar kepergian Brivio cukup mengejutkan, karena dia merupakan orang berpengaruh di Suzuki MotoGP. Brivio disebut meninggalkan Suzuki per 1 Januari 2020.

Brivio merupakan pemegang kendali tim sampai akhirnya bisa membawa Joan Mir jadi Juara Dunia MotoGP 2020. Gelar yang terakhir diberikan Kenny Roberts Jr pada tahun 2000.

Baca juga: Musim Hujan, Ingat Risiko Aquaplaning Saat Mengemudi di Jalan Basah

Davide Brivio, Manager Tim Suzuki MotoGP.MOTORSPORT.com Davide Brivio, Manager Tim Suzuki MotoGP.

Saat ini Suzuki belum dapat mengonfirmasi atau menyangkal soal kepindahan Brivio. Meski demikian pernyataan resmi diharapkan akan diungkap tak lama lagi.

Sekilas mengenai Brivio, dia merupakan orang yang meyakinkan Valentino Rossi untuk pindah dari Honda ke Yamaha pada akhir musim 2003.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selama di Yamaha, Brivio memenangkan empat gelar Kejuaraan Dunia MotoGP bersama Rossi. Kemudian akhirnya meninggalkan Yamaha pada akhir 2010.

Baca juga: Tak Kelihatan, Suzuki Ecstar Komentari Desain Nomor Baru Pol Espargaro

Rider Suzuki Ecstar, Joan Mir, merayakan bersama timnya setelah mengunci gelar juara dunia MotoGP 2020 dengan finish peringkat ketujuh di MotoGP Valencia, Minggu (15/11/2020).AFP/LLUIS GENE Rider Suzuki Ecstar, Joan Mir, merayakan bersama timnya setelah mengunci gelar juara dunia MotoGP 2020 dengan finish peringkat ketujuh di MotoGP Valencia, Minggu (15/11/2020).

Brivio kemudian bekerja sebagai konsultan VR46 sebelum menerima tawaran Suzuki menjelang kembalinya tim pabrikan tersebut ke MotoGP pada 2015.

Brivio terkenal ramah dan sangat dihormati karena sering menjembatani kesenjangan yang sering menyusahkan antara pabrikan Jepang dan tim balap Eropa.

Pria Italia itu juga merekrut bintang baru seperti Maverick Vinales, Alex Rins dan juara dunia baru Joan Mir, dan menciptakan semangat tim yang kuat.



Sumber Crash
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.