Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bawa Suzuki Juara Dunia, Davide Brivio Malah Pindah ke Formula 1

JEREZ, KOMPAS.com - Manajer tim Suzuki Ecstar Davide Brivio dikabarkan meninggalkan Suzuki MotoGP dan bergabung dengan tim F1 Alpine alias Renault.

Kabar kepergian Brivio cukup mengejutkan, karena dia merupakan orang berpengaruh di Suzuki MotoGP. Brivio disebut meninggalkan Suzuki per 1 Januari 2020.

Brivio merupakan pemegang kendali tim sampai akhirnya bisa membawa Joan Mir jadi Juara Dunia MotoGP 2020. Gelar yang terakhir diberikan Kenny Roberts Jr pada tahun 2000.

Saat ini Suzuki belum dapat mengonfirmasi atau menyangkal soal kepindahan Brivio. Meski demikian pernyataan resmi diharapkan akan diungkap tak lama lagi.

Sekilas mengenai Brivio, dia merupakan orang yang meyakinkan Valentino Rossi untuk pindah dari Honda ke Yamaha pada akhir musim 2003.

Selama di Yamaha, Brivio memenangkan empat gelar Kejuaraan Dunia MotoGP bersama Rossi. Kemudian akhirnya meninggalkan Yamaha pada akhir 2010.

Brivio kemudian bekerja sebagai konsultan VR46 sebelum menerima tawaran Suzuki menjelang kembalinya tim pabrikan tersebut ke MotoGP pada 2015.

Brivio terkenal ramah dan sangat dihormati karena sering menjembatani kesenjangan yang sering menyusahkan antara pabrikan Jepang dan tim balap Eropa.

Pria Italia itu juga merekrut bintang baru seperti Maverick Vinales, Alex Rins dan juara dunia baru Joan Mir, dan menciptakan semangat tim yang kuat.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/01/07/154100515/bawa-suzuki-juara-dunia-davide-brivio-malah-pindah-ke-formula-1-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke