Geber Mobil Listrik, Baterai Hyundai Ioniq Wagub Jabar Sisa 3 Persen

Kompas.com - 06/01/2021, 13:41 WIB
Wagub Jabar dan Mobil Dinas Listrik DOK. UU RIZHANUL ULUMWagub Jabar dan Mobil Dinas Listrik

JAKARTA, KOMPAS.com – Penyerahan tiga unit kendaraan listrik merek Hyundai sebagai mobil dinas Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) sudah berlangsung pada Selasa (29/12/2020).

Tiga unit ini secara rinci yaitu dua unit Hyundai Ioniq Eelectric dan satu Hyundai Kona Electric. Salah satu orang yang menggunakan Hyundai Ioniq Electric ini adalah Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum.

Uu langsung menggunakan mobil dinas listriknya untuk melakukan perjalanan dari Gedung Sate lalu ke Tasikmalaya dan ke Masjid Besar Cibatu di Kabupaten Garut Pulang-Pergi (PP). Dirinya sempat khawatir akan kehabisan baterai mobilnya.

Baca juga: Belajar dari Kecelakaan yang Menewaskan Eks Personel Trio Macan

Wagub Jabar dan Mobil Dinas ListrikDOK. UU RIZHANUL ULUM Wagub Jabar dan Mobil Dinas Listrik

“Waktu itu saat mau masuk tol, ada rasa khawatir, cukup enggak ya ini baterainya karena tinggal lima persen. Lalu disiasati oleh sopir saya agar tidak menginjak gas terlalu dalam, akhirnya sampai di Gedung Sate dengan sisa tiga persen baterai,” ucap Uu kepada Kompas.com, Selasa (5/1/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Uu mengatakan kalau di trip meter yang ada di speedometer Hyundai Ioniq Electric ini sudah menempuh 450 km. Selain itu tertera juga sisa jarak yang bisa ditempuh sebanyak 50 km setelah melakukan perjalanan tersebut.

“Sekarang karena masih belum banyak masyarakat yang menggunakan mobil listrik, tempat untuk mengisi dayanya terbatas. Misalnya di Bandung baru ada di kantor PT. PLN dan Gedung Sate,” kata Uu.

Baca juga: Cerita Wagub Jabar Pakai Kijang Doyok, Kerap Diusir Saat Parkir VIP

Untuk pengalaman berkendaranya, Uu mengatakan kalau mobil listrik ini nyaman karena tidak ada suara mesin. Kedua rasanya sama saja dengan mobil biasa dan enggak ngeden, cuma ada kekhawatiran saja kehabisan baterai.

“Pernah coba mengisi baterainya di rumah, tapi cuma sedikit nambah baterainya. Kalau di Gedung Sate kan dua jam juga penuh,” ucapnya.

Hadirnya kendaraan listrik di Pemprov Jabar adalah tekad Gubernur Jabar Ridwan Kamil untuk mengonversi kendaraan dinas jadi lebih ramah lingkungan mulai tahun 2021.

Wagub Jabar dan Mobil Dinas ListrikDOK. UU RIZHANUL ULUM Wagub Jabar dan Mobil Dinas Listrik

“Pada tahun 2021, kami akan mulai bertransformasi ke era listrik. Oleh karenanya, menjadi suatu kehormatan bagi saya untuk dapat mengajak dan menjadi contoh bagi warga kami di Jawa Barat untuk mulai beralih dari kendaraan berbahan bakar minyak menjadi kendaraan listrik,” ujar Ridwan, dalam keterangan resmi belum lama ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.