Sudah Tahu Kenapa Oli Motor Bisa Boros?

Kompas.com - 06/01/2021, 11:42 WIB
Ganti Oli Motor Foto: RideapartGanti Oli Motor

JAKARTA, KOMPAS.com -  Pelumas atau oli pada sepeda motor merupakan komponen penting pada kendaraan. Ibarat darah pada manusia, fungsi oli pada mesin motor adalah melumasi gesekan yang terjadi pada ruang mesin.

Cairan oli yang boros pada mesin motor tentu berisiko. Efek negatif satu demi satu kemudian bakal muncul, dan tak sedikit menimbulkan kerugian, apalagi bila sampai berlarut-larut.

Technical Service Division Astra Honda Motor (AHM) Endro Sutarno mencoba berbagi informasi terkait penyebab oli sepeda motor bisa berkurang tidak normal atau lebih boros dari semestinya.

Baca juga: Akibat Pandemi, Tren Modifikasi Bergeser ke Penggunaan Harian

“Harus dipastikan berkurangnya banyak atau wajar. Jika normal, memang itu satu fungsi oli selain sebagai pelumas juga untuk mendinginkan mesin sehingga ada sedkit penguapan,” ujar Endro belum lama ini saat dihubungi Kompas.com.

Cek oli motorOtomotifzone.com Cek oli motor

“Namun apabila terlalu boros, kondisi tersebut bisa jadi karena faktor biker yang kerap memainkan buka-tutup gas atau dibleyer (geber-geber),” lanjut Endro.

Tak hanya itu, selanjutnya kata Endro, ada penyebab lainnya yaitu gangguan pada komponen ring piston. Lalu kemungkinan lainnya adalah seal klep yang bermasalah.

Baca juga: Tren Modifikasi Interior 2021, Konsumen Cari Fungsi dan Kenyamanan

“Maka lakukan pengecekan dengan melihat level oli secara berkala, mungkin seminggu satu kali. Jika berkurang bisa ditambah sedikit sesuai dengan ukurannya. Baiknya juka mengalami kondisi boros oli, perlu pemeriksaan di bengkel resmi,” kata Endro.           

Pasalnya, jika dibiarkan kekurangan pelumas, menurut Endro, mesin bisa cepat panas dan beberapa komponen mesin akan cepat aus.   



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X