Ubah Honda BeAT Jadi Motor Listrik, Legal Dipakai di Jalan Raya

Kompas.com - 04/01/2021, 15:51 WIB
Honda BeAT yang dikonversi ke motor listrik oleh Katros Garage Katros GarageHonda BeAT yang dikonversi ke motor listrik oleh Katros Garage

JAKARTA, KOMPAS.com - Katros Garage tak hanya piawai membangun sepeda motor custom. Bengkel yang dipimpin oleh Andi Akbar selakui builder juga bisa mengonversi motor bensin menjadi motor listrik.

Hal tersebut dilakukan menggunakan basis skuter matik ( skutik) Honda BeAT. Pembuatan motor listrik ini merupakan proyek khusus untuk Indonesia Modification Expo (IMX) 2020 pada 10 Oktober lalu sebagai hadiah spesial.

Baca juga: Modifikasi Peugeot Django Milik Builder Katros Garage

Project Director IMX Andre Mulyadi, mengatakan, skuter listrik ini merupakan motor custom. Basisnya merupakan skutik biasa yang dijual di pasaran tapi kemudian dikonversi jadi motor listrik.

Skuter Listrik Hasil Karya Katros Garage & Alitt Susanto Ini Akan Menjadi Salah Satu Giveaway di IMX 2020Foto: Istimewa Skuter Listrik Hasil Karya Katros Garage & Alitt Susanto Ini Akan Menjadi Salah Satu Giveaway di IMX 2020

"Komponen custom mulai suspensi depan-belakang, bodi, hingga drive train atau motor penggerak (motor listrik). Sedangkan komponen yang akan dipertahankan yaitu sasis utama," ujar Project Director IMX Andre Mulyadi, Senin (4/1/2021).

Sasis atau rangka Honda BeAT sengaja dipertahankan agar tidak sulit untuk mengurus legalitasnya untuk bisa digunakan di jalan raya.

Andi Akbar yang akrab disapa Atenx, mengatakan, proses pembuatan motor listrik ini memakan waktu sekitar tiga bulan. Sebab, mengalami beberapa kali revisi agar motor tersebut lebih aman digunakan.

Baca juga: Skuter Listrik Custom Katros Garage Jadi Giveaway IMX 2020

Bagian bodinya mengandalkan pelat galvanis. Sedangkan rangkanya, masih menggunakan rangka Honda BeAT. Suspensi depan pakai model upside-down, sedangkan yang belakang menggunakan lengan ayun model banana.

"Meskipun pakai pelat, tapi tidak membuat motor ini jadi lebih berat. Sebab, bodi-bodi custom tersebut masih lebih ringan dibandingkan mesin konvensional motor ini," kata Atenx.

Atenx menambahkan, proses tersulit saat memasang hub atau dinamo pada swingarm. Sebab, bagian asnya kependekan dan swingarm juga terlalu lebar.

Skuter listrik supergiveaway IMX 2020IMX 2020 Skuter listrik supergiveaway IMX 2020

Tidak dijelaskan detail mengenai spesifikasi motor listrik yang dipakai. Tapi, baterainya berkapasitas 60 Volt 20 Ampere dari basis baterai bawaan 18.650 mAh yang membuat tarikannya responsif.

Selain itu, baterainya mampu menempuh jarak 90-100 km untuk sekali pengisian, dengan usia pemakaian baterai mencapai 6 tahun.

Motor listrik hasil konversi dari Honda BeAT ini hanya butuh waktu 4,5 jam untuk mengisi daya baterai dari kosong hingga penuh. Terdapat juga fitur autocut yang memungkinkan proses pengisian baterai otomatis berhenti ketika sudah penuh.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X