Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ubah Honda BeAT Jadi Motor Listrik, Legal Dipakai di Jalan Raya

Kompas.com - 04/01/2021, 15:51 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Katros Garage tak hanya piawai membangun sepeda motor custom. Bengkel yang dipimpin oleh Andi Akbar selakui builder juga bisa mengonversi motor bensin menjadi motor listrik.

Hal tersebut dilakukan menggunakan basis skuter matik (skutik) Honda BeAT. Pembuatan motor listrik ini merupakan proyek khusus untuk Indonesia Modification Expo (IMX) 2020 pada 10 Oktober lalu sebagai hadiah spesial.

Baca juga: Modifikasi Peugeot Django Milik Builder Katros Garage

Project Director IMX Andre Mulyadi, mengatakan, skuter listrik ini merupakan motor custom. Basisnya merupakan skutik biasa yang dijual di pasaran tapi kemudian dikonversi jadi motor listrik.

Skuter Listrik Hasil Karya Katros Garage & Alitt Susanto Ini Akan Menjadi Salah Satu Giveaway di IMX 2020Foto: Istimewa Skuter Listrik Hasil Karya Katros Garage & Alitt Susanto Ini Akan Menjadi Salah Satu Giveaway di IMX 2020

"Komponen custom mulai suspensi depan-belakang, bodi, hingga drive train atau motor penggerak (motor listrik). Sedangkan komponen yang akan dipertahankan yaitu sasis utama," ujar Project Director IMX Andre Mulyadi, Senin (4/1/2021).

Sasis atau rangka Honda BeAT sengaja dipertahankan agar tidak sulit untuk mengurus legalitasnya untuk bisa digunakan di jalan raya.

Andi Akbar yang akrab disapa Atenx, mengatakan, proses pembuatan motor listrik ini memakan waktu sekitar tiga bulan. Sebab, mengalami beberapa kali revisi agar motor tersebut lebih aman digunakan.

Baca juga: Skuter Listrik Custom Katros Garage Jadi Giveaway IMX 2020

Bagian bodinya mengandalkan pelat galvanis. Sedangkan rangkanya, masih menggunakan rangka Honda BeAT. Suspensi depan pakai model upside-down, sedangkan yang belakang menggunakan lengan ayun model banana.

"Meskipun pakai pelat, tapi tidak membuat motor ini jadi lebih berat. Sebab, bodi-bodi custom tersebut masih lebih ringan dibandingkan mesin konvensional motor ini," kata Atenx.

Atenx menambahkan, proses tersulit saat memasang hub atau dinamo pada swingarm. Sebab, bagian asnya kependekan dan swingarm juga terlalu lebar.

Skuter listrik supergiveaway IMX 2020IMX 2020 Skuter listrik supergiveaway IMX 2020

Tidak dijelaskan detail mengenai spesifikasi motor listrik yang dipakai. Tapi, baterainya berkapasitas 60 Volt 20 Ampere dari basis baterai bawaan 18.650 mAh yang membuat tarikannya responsif.

Selain itu, baterainya mampu menempuh jarak 90-100 km untuk sekali pengisian, dengan usia pemakaian baterai mencapai 6 tahun.

Motor listrik hasil konversi dari Honda BeAT ini hanya butuh waktu 4,5 jam untuk mengisi daya baterai dari kosong hingga penuh. Terdapat juga fitur autocut yang memungkinkan proses pengisian baterai otomatis berhenti ketika sudah penuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com