Kompas.com - 03/01/2021, 16:08 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk memperkirakan puncak arus balik menuju DKI Jakarta pada musim lbur Natal dan Tahun Baru 2021 akan terjadi pada hari ini, Minggu (3/1/2021).

Diprediksi, sebanyak 205.000 kendaraan bakal memadati berbagai ruas khususnya jalur bebas hambatan alias tol sejak sore. Jumlah ini naik sebesar 18,5 persen jika dibandingkan dengan situasi lalu lintas di masa new normal.

Corporate Communication and Community Development Group Head PT Jasa Marga Dwimawan Heru mengatakan, angka prediksi tersebut merupakan kumulatif lalu lintas yang menuju Jakarta di beberapa Gerbang Tol (GT) barrier atau utama.

Baca juga: Cerita Ribuan Kendaraan Dipaksa Putar Balik Saat Menuju Puncak

Arus lalu lintas di tol Jakarta-Cikampek kilometer 57 pada 24 Desember 2020.KOMPAS.COM/FARIDA Arus lalu lintas di tol Jakarta-Cikampek kilometer 57 pada 24 Desember 2020.

“Yakni, GT Cikupa (arah Barat), GT Ciawi (arah Selatan) serta GT Cikampek Utama & GT Kalihurip Utama (arah Timur),” katanya, Sabtu (2/1/2021).

Secara umum, dari beberapa ruas tersebut diprediksi arah Timur yang paling mendominasi yaitu mencapai 56,4 persen dari total lalu lintas. Kemudian, arah Selatan mencapai 22,4 persen dan 21,2 persen dari Barat.

Pihaknya juga mencatat total 1,2 juta kendaraan meninggalkan Jakarta pada periode sembilan hari libur Natal dan Tahun Baru, atau sejak Rabu 23 Desember 2020 sampai Kamis 31 Desember 2020.

Sementara itu, untuk kendaraan menuju Jakarta pada periode sembilan hari yang sama, Jasa Marga mencatat sebanyak total 1,1 juta kendaraan.

“Lalin yang meninggalkan maupun yang menuju Jakarta tersebut merupakan kumulatif arus lalin dari empat GT barrier atau utama yang telah disebutkan sebelumnya,” kata Dwimawan.

Baca juga: Ini yang Bisa Dilakukan Penumpang Jika Naik Bus Ugal-ugalan

Antrean kendaraan di Gerbang Tol Cikampek Utama 2 pada Minggu (3/1/2021) sekitar pukul 11.00 WIB.KOMPAS.COM/FARIDA Antrean kendaraan di Gerbang Tol Cikampek Utama 2 pada Minggu (3/1/2021) sekitar pukul 11.00 WIB.

Lanjutnya, terdapat sekitar 137.000 kendaraan yang belum kembali ke Jakarta. Jumlah tersebut turut diprediksi masih akan bertambah dengan lalu lintas yang meninggalkan Jakarta pada periode Jumat sampai Minggu (1-3 Januari 2021).

Sehingga prediksi untuk puncak arus balik menuju Jakarta pada Minggu 3 Januari 2021, mencapai 205.000 kendaraan.

Untuk mengantisipasi potensi kepadatan di jalan tol, Jasa Marga mengimbau agar pengguna jalan dapat mengatur waktu perjalanan kembali ke Jakarta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.