Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malam Ini Diprediksi Puncak Arus Balik, Berikut Titik Rawan Macetnya

Kompas.com - 03/01/2021, 13:21 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya memprediksi pada sore hingga malam ini, Minggu (3/1/2021) akan menjadi puncak arus balik libur Natal dan Tahun Baru 2021.

Sejumlah titik tertentu diprediksi akan terjadi penumpukan kendaraan bermotor khususnya jalan tol yang mengarah ke DKI Jakarta. Diproyeksi, ruas tol utama Cikampek dan Kalihurip sampai Simpang Susun Cikunir jadi salah satu titiknya.

“Puncak arus balik kemungkinan besar terjadi pada hari ini, dari sore sampai malam. Titik rawan berada di keluar masuk rest area, di gerbang tol, di Simpang Susun Cikunir,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo, Minggu (3/1/2021).

Baca juga: Cerita Ribuan Kendaraan Dipaksa Putar Balik Saat Menuju Puncak

Ilustrasi lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek jelang Tahun Baru 2021JASA MARGA Ilustrasi lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek jelang Tahun Baru 2021

Oleh karenanya, ia mengimbau agar pengguna kendaraan untuk selalu waspada kemacetan di berbagai lokasi, tak terkecuali rest area. Tak lupa, selalu perhatikan protokol kesehatan seperti memakai masker, jaga jarak, dan cuci tangan.

Sambodo pun memastikan petugas kepolisian akan siaga di sejumlah titik yang dilalui arus balik kendaraan. Khususnya di gerbang-gerbang tol, rest area, hingga Simpang Susun Cikunir.

“Semua titik itu akan kita jaga,” jelasnya.

Baca juga: 106.058 Kendaraan Menuju Jakarta Jelang Puncak Arus Balik

Parkiran mobil terapkan physical distancing di rest areaJasa Marga Parkiran mobil terapkan physical distancing di rest area

Sebelumnya, PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat sebanyak 106.058 kendaraan telah menuju wilayah Jakarta pada hari pertama di 2021. Jumlah ini merupakan kumulatif arus lalin dari empat gerbang tol utama, yaitu Cikupa, Ciawi, serta Cikampek Utama dan Kalihurip Utama.

"Untuk distribusi lalin menuju Jakarta dari ketiga arah adalah, mayoritas sebanyak 50,90 persen dari TImur, 28,16 persen dari Barat, dan 20,94 persen dari Selatan," ujar Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com