Ini yang Bisa Dilakukan Penumpang Jika Naik Bus Ugal-ugalan

Kompas.com - 03/01/2021, 09:41 WIB
Tangkapan layar video yang menampilkan driver bus Dali Mas yang dikejar massa usai ngeblong atau melawan arus di jalan Lamongan, Jawa Timur. FACEBOOKTangkapan layar video yang menampilkan driver bus Dali Mas yang dikejar massa usai ngeblong atau melawan arus di jalan Lamongan, Jawa Timur.

JAKARTA, KOMPAS.com – Masih sering terlihat di jalanan, pengemudi bus yang ugal-ugalan di jalan raya. Biasanya mereka memiliki alasan karena dikejar setoran maupun agar tidak mengantuk sehingga melakukan aksi tersebut.

Padahal saat naik bus, pengemudi tentunya membawa penumpang dan harus bertanggung jawab atas keselamatannya.

Lalu bagaimana jika bus yang dinaiki tidak mengemudi dengan aman dan cenderung membahayakan?

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, penumpang bisa melaporkan aksi berbahaya dari pengemudi ke polisi, lalu biar petugas yang menindak.

Baca juga: Mobil Bekas Harga Rp 50 Jutaan Awal Tahun, Ada Audi, Mercy Hingga BMW

Bus AKAPJalur Bus Bus AKAP

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Pertama catat nomor telepon polisi sesuai dengan rute yang dilewati bus. Catat juga nomor punggung dan nomor polisi bus tersebut, rekam aksinya dan laporkan segera,” ucap Sony kepada Kompas.com, Sabtu (2/1/2021).

Penumpang sebisa mungkin lapor ke polisi, jangan protes langsung ke kru bus. Sony mengatakan, jika protes ke kru bus, malah akan diturunkan di tengah jalan, atau malah konflik atau menciptakan keributan.

Baca juga: Legenda Balap Tanah Air Alex Asmasoebrata Meninggal Dunia

“Selain itu jangan laporkan ke PO busnya, akan percuma juga. Kalau lapor ke polisi, dia akan berkoordinasi dengan anggota di lapangan untuk menindak,” kata Sony.

Sony mengatakan, 80 persen laporan soal bus yang ugal ini akan ditindak oleh polisi. Sedangkan sisanya biasanya karena keterbatasan personil dan kondisi, misalnya seperti malam hari di mana tidak ada anggota untuk menindak.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X