Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejarah Maserati yang Pernah Produksi Sepeda Motor

Kompas.com - 03/01/2021, 13:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber rideapart

JAKARTA, KOMPAS.com - Maserati dikenal sebagai produsen mobil dari Italia. Tapi rupanya lebih dari setengah abad lalu Maserati pernah membuat sepeda motor.

Maserati motor ini berbeda perusahaan dengan Maserati mobil, tapi punya hak yang sama menggunakan logo trisula. Ceritanya pelik dimulai karena ada urusan hukum.

Diberitakan Rideapart, pada tahun 1950'an Maserati terbagi tiga perusahaan, yaitu Maserati Automobil, Fonderie di Modena, dan Fabbrica Candele e Accumulatori Maserati.

Baca juga: Mengenal Toyo Motors, Merek Motor Milik Toyota

Maserati Automobil membuat mobil, Fonderie di Modena di bidang pengecoran, dan Fabbrica Candele e Accumulatori Maserati (FCAM) memproduksi barang sehari-hari termasuk bola lampu.

Maserati MotorcyclesFoto: Silodrome.com Maserati Motorcycles

Harusnya hanya Maserati Automobil yang memiliki hak atas logo trisula tersebut, tetapi karena ada masalah hukum akhirnya memungkinkan FCAM untuk menggunakannya juga.

Kesalahan administrasi tersebut menyebabkan terciptanya Maserati Motorcycles. Merek yang sempat menelurkan motor-motor Italia bertampang seksi yang jarang terdengar.

Semua dimulai setelah Perang Dunia II. Banyak perusahaan Italia yang terjun ke segmen otomotif terutama roda dua. Karena permintaan kendaraan terjangkau yang sangat besar.

FCAM juga tidak ingin ketinggalan mengeruk pasar yang potensial. Pada 1953 FCAM kemudian membeli merek motor Italmoto yang berbasis di Bologna, Italia.

Motor pertama yang lahir dari rahim baru ini ialah 125 Tip T2. Bentuknya kecil dan bergaya motor balap. Mesinnya hanya 123cc dan disebut merupakan pengembangan dari DKW.

Baca juga: Tabrakan Motor dan Mobil di Jalan Pedesaan, Ingat Lagi Berkendara Aman

Maserati Motorcycles Maserati Motorcycles

Selama tujuh tahun dari 1953-1960 perusahaan mengeluarkan beberapa model motor mulai dari mesin 125 cc - 250 cc baik yang berjantung 2-tak maupun 4-tak.

Di awal berdirinya Maserati Motorcycles cukup populer karena dikaitkan dengan kesuksesan balap Maserati Auto. Bahkan produknya sempat diekspor ke Amerika Serikat.

Sayangnya sukses itu tidak bertahan lama. Pada 1960 perusahaan gulung tikar karena masalah keuangan dan persaingan yang makin serius dari sesama merek Italia.

Selain itu munculnya mobil mikro yang terjangkau di Italia ikut memaksa Maserati Motorcycles bangkrut. Sebab orang beralih membeli mobil murah ketimbang motor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber rideapart
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com