Mengenal Konfigurasi Mesin Segaris di Mobil

Kompas.com - 31/12/2020, 16:21 WIB
Daihatsu Xenia pakai mesin 1.500 Dual VVT-i milik Toyota Avanza Daihatsu Xenia pakai mesin 1.500 Dual VVT-i milik Toyota Avanza

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam dunia otomotif, saat ini terus mengalami kemajuan teknologi, slaah satunya adalah mesin mobil modern yang sudah terdiri dari beragam konfigurasi.

Ada beberapa alasan pabrikan menggunakan konfigurasi mesin yang berbeda, bisa karena menyesuaikan kompartemen mesin, kemudahan perawatan hingga mengejar perfomanya.

Ada beberapa konfigurasi mesin yang umum digunakan pada mobil seperti mesin segaris atau inline, mesin V, mesin boxer, hingga mesin rotary.

Baca juga: Fenomena Tren Baru, Banyak Karoseri Merombak Desain Jadi Model Jetbus

Pada bahasan Otopedia kali ini, tim redaksi Kompas Otomotif akan membahas mengenai mesin inline pada mobil.

Menurut Dealer Technical Support Dept. Head PT TAM Didi Ahadi, konfigurasi mesin inline atau segaris merupakan yang paling jamak digunakan pabrikan mobil. Biasanya disimbolkan dengan huruf I. Konfigurasi mesinnya dimulai dari 2, 3, 4, 5, 6, hingga 8 silinder.

“Kebanyakan mobil SUV, MPV dan LCGC menggunakan konfigurasi berbentuk inline, karena secara desain yang paling mudah,” ujar Didi saat dihubungi Kompas.com belum lama ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tampilan kabin interior Toyota Voxy, MPV terbaru dari Toyota Tampilan kabin interior Toyota Voxy, MPV terbaru dari Toyota

Sesuai dengan namanya, jenis mesin ini memiliki penempatan silinder atau piston yang sejajar atau segaris.

Didi melanjutkan, secara konstruksi, mesin segaris memang terbilang paling mudah dibuat sebab hanya membentuk garis lurus, satu cabang silinder, dan satu crankshaft saja.

Konfigurasinya adalah sebagai berikut :
1. Silinder ditempatkan berjejer segaris.

2. Silinder ada diatas crankshaft (kruk as).

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.