Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Impresi Hyundai Palisade, Mobil Keluarga Premium Terbaru di Indonesia

Kompas.com - 31/12/2020, 10:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) resmi menghadirkan sport utility vehicle (SUV) premium baru ke pasar dalam negeri pada penghujung tahun ini, Hyundai Palisade.

Dipasarkan dalam tiga varian dengan rentang harga Rp 777 juta sampai Rp 1 miliar, mobil menyajikan beragam kemewahan, kecanggihan, dan kenyamanan layaknya kendaraan keluarga.

Itulah gambaran umum yang tim Kompas.com rasakan saat melakukan impresi perdana Palisade di lahan yang terbatas pada suatu pusat perbelanjaan Ibu Kota belum lama ini.

Baca juga: Bahas Tongkrongan SUV Premium Hyundai Palisade

SUV Hyundai Palisade SUV Hyundai Palisade

Bagi penumpang, sajian mewah dan nyaman begitu terpampang jelas dari desain eksterior, interior, hingga panel-panel detil. Belum lagi jok berlapis kulit napa di semua kursi disertai double sunroof cukup lebar.

Kemudian bagi pengemudi, untuk mendapatkan posisi egronomis sangat mudah karena kursi dan stir kemudi dapat diatur sedemikian rupa.

Lantas bagaimana sensasi berkendaranya?

Ketika mobil pertama kali dinyalakan, kesan nyaman langsung terasa seiring suara mesin yang halus, tanpa distorsi ke kabin. Menariknya, Palisade tidak lagi dilengkapi dengan tuas transmisi.

Fungsi pengaturan bergerak mobil digantikan oleh tombol-tombol yang akrab disapa shift by wire. Sehingga pengemudi cukup menekan tombol transmisi yang diinginkan, sangat modern.

Lalu, terdapat pula multi terrain control guna memudahkan pengemudi menentukan mode berkendara yang sesuai dengan kebutuhan. Drive mode terdiri dari Comfort, Eco, Sport, dan Smart.

Baca juga: [VIDEO] Menjajal SUV Premium Korsel Hyundai Palisade Signature AWD

Hyundia Palisadewww.hyundai.com Hyundia Palisade

Sementara untuk Terrain Mode ada pilihan Snow, Mud, dan Sand. Kami memilih mode Comfort karena rasanya paling cocok mengingat rute perjalanan hanya keliling parkiran saja.

Saat berkesempatan berada di balik kemudi, kami merasakan besarnya dimensi mobil, perlu sedikit penyesuaian apalagi tentunya bila terbiasa menggunakan mobil berukuran kecil atau kompak.

Tapi ketika mobil hendak berbelok, tidak terasa sulit meskipun dimensi Palisade yang tergolong bongsor. Jadi, sebenarnya cukup mudah mengendalikan mobil, terutama pada situasi Ibu Kota yang padat kendaraan.

Obstacle atau tantangan ringan yang ditemui Kompas.com di lintasan ialah jalanan dengan ruang terbatas dan area menanjak. Kami pun mencoba beberapa posisi atau skenario seperti langsung digas atau berhenti (stop and go) di tengah tanjakkan.

Baca juga: Ridwan Kamil Pakai Hyundai Ioniq dan Kona EV

Hyundai Palisadewww.hyundai.com Hyundai Palisade

Hasilnya, tidak ada masalah berarti bagi Palisade. Mobil pun tak turun atau kehilangan traksi saat pedal gas dilepas dan ditekan kembali. Tapi untuk besaran daya yang bisa dirilis memang tak terlalu besar kecuali pengemudi mengaktifkan mode Sport.

Adapun bantingan suspensi mobil terbilang cukup keras meski masih dapat dimaklumi saat melewati suatu gundukan kecil. Sebagai gantinya, kendaraan dapat mudah dikontrol alias stir kemudi tidak lari-larian.

Kami lantas penasaran dengan konsumsi bahan bakar dan tenaga optimal dari Palisade. Sayangnya, hal tersebut tidak memungkinkan mengingat mobil yang bisa diajak test drive hanya satu unit.

Untuk mengetahui spesifikasi komplet mobil keluarga premium terbaru Hyundai ini, pastikan membaca artikel lain di Kompas Otomotif.

Baca juga: Adu Spek Mesin Hyundai Palisade dengan Fortuner dan Pajero Sport

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com