Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Banyak yang Belum Tahu, Ini Kegunaan Helm Cakil untuk Trail

JAKARTA, KOMPAS.com - Helm menjadi salah satu peralatan wajib berkendara motor. Belakang model helm motor cross atau biasa disebut helm cakil jadi idola para pengguna motorsport.

Memiliki fungsi yang sama dengan helm lain, ternyata ada beberapa alasan mengapa helm cakil dibuat berbeda seperti itu.

Bukan tanpa alasan, hal itu dibuat ada fungsinya, selain melindungi kepala. Mulai dari bagian plastik seperti kanopi di depan, tanpa kaca serta bentuk bagian mulut yang meruncing.

“Bagian depan mulut yang meruncing dan memiliki celah karena tidak ada visor atau kaca helm. Fungsinya agar pernapasan lebih mudah, dikarenakan ketika melewati track off road rider akan lebih mudah lelah karena mengontrol motor di jalan rusak serta konsentrasi yang tinggi,” ujar Trainer Yamaha Riding Academy Muhamad Arief saat dihubungi Kompas.com, Rabu (30/12/2020).

Arief mengungkapkan helm cakil selalu hadir dengan bagian topi yang sedikit memanjang dari pada helm biasa. Tujuannya untuk menahan ranting-ranting pohon serta kotoran mengganggu pandangan mata.

Kemudian, soal asupan udara juga menjadi alasan helm cakil tidak menggunakan kaca pelindung. Pengendara lebih memilih menggunakan kacamata khusus (goggle) untuk melindungi mata.

“Kacamata goggle biasanya digunakan oleh rider motor trail, agar mudah dibersihkan dari cipratan tanah atau lumpur, sebab tinggal tarik saja untuk melepasnya,” kata Arif.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/12/31/164100915/banyak-yang-belum-tahu-ini-kegunaan-helm-cakil-untuk-trail

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke