Kompas.com - 31/12/2020, 12:41 WIB
Kawasaki Ninja 150 RR Kawasaki Heavy IndustriesKawasaki Ninja 150 RR
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Cara kerja mesin sepeda motor 2-tak berbeda dengan 4-tak. Pada 2-tak selain oli mesin diperlukan oli samping untuk melumasi bagian dalam mesin.

Fungsi oli samping berbeda dengan oli mesin. Oli samping melumasi piston dan kruk as, sedangkan oli mesin melumasi transmisi dan kopling karena ruang engkolnya terpisah.

Baca juga: Belajar Bagaimana Cara Kerja Mesin Sepeda Motor 4-Tak

Drs M. Suratman dalam buku "Servis dan Teknik Reparasi Sepeda Motor" menjelaskan, berdasarkan sistem kerjanya, pelumasan oli samping di mesin 2-tak terbagi jadi dua yaitu langsung dan terpisah.

Berikut penjelasannya:

Lubang pengisian oli samping di Husqvarna TE250i dan TE300iKOMPAS.com / Gilang Lubang pengisian oli samping di Husqvarna TE250i dan TE300i

1. Dicampur

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Langsung artinya dicampur. Biasanya diterapkan di motor 2-tak model lama, salah satunya Vespa lawas. Caranya dengan mencampur bensin langsung dengan oli samping di tangki.

Perbandingan campuran bensin dan oli samping biasanya 20:1 atau 30:1 tergantung kebutuhan motor, dan karakter mesin yang dirancang pabrikan.

"Oli yang sudah dicampur bensin langsung disalurkan ke mesin sehingga poros engkol, ujung besar dan ujung kecil batang penggerak (connecting rod), dinding silinder dan torak dapat dilumasi," tulis buku.

Tangki motor sport Tangki motor sport

2. Terpisah

Pelumasan terpisah artinya oli samping berada di dalam wadah sendiri. Tugas pompa oli yang kemudian menyalurkan oli samping ke bagian-bagian mesin yang bergerak.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.