Perilaku Ini Membedakan Pengendara Motor Newbie Atau Andal!

Kompas.com - 30/12/2020, 10:42 WIB
Mengerem sepeda motor ada teorinya. mpm-motor.co.idMengerem sepeda motor ada teorinya.

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu kebiasaan yang biasa dilakukan oleh pengendara motor newbie alias pemula, adalah membiarkan jari tangan kanan stand by di tuas rem.

Namun, ironisnya kebiasaan ini masih banyak dilakukan oleh pengendara motor di Indonesia, tanpa sadar kalau perilaku ini berbahaya!

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, ada dua jenis pengendara yang memiliki kebiasaan jari tangan kanan yang stand by di tuas rem, yaitu pengendara pemula dan agresif.

“Pengendara pemula biasanya takut laju motornya tidak terhenti, sehingga jarinya stand by di tuas rem,” kata Sony kepada Kompas.com, Selasa (29/12/2020).

Baca juga: Viral Video Tambal Ban Pakai Tepung, Produsen Ban Sampai Tak Bisa Komentar

Jari di tuas remtribunnews.com Jari di tuas rem

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sedangkan untuk pengendara yang agresif, biasanya memiliki gaya berkendara stop and go yang kasar. Sehingga jari tangan kanan di tuas rem bisa mengakomodir gaya berkendara tersebut.

“Semua pasti beralasan dengan jari tangan kanan di tuas rem menjadi lebih sigap dan waspada. Padahal kebiasaan ini tidak aman,” ucap Sony.

Efeknya, bagi pengendara pemula, bisa-bisa kaget dan roda depan selip karena menarik tuas rem terlalu keras. Selain itu, minimnya skill berkendara membuat pengendara pemula mudah sekali terdistraksi.

Baca juga: Diskon Wuling Almaz Tembus Rp 30 Juta, CR-V Rp 25 Juta

“Kalau untuk yang pengendara agresif, laju motor sering tertahan membuat kampas rem jadi cepat habis,” ucapnya.

Sony mengatakan, kalau berkendara dengan menjaga jarak dan kecepatan, maka tidak perlu meletakan jarinya di tuas rem. Selain itu, perlu diingat, mengerem itu bukan memberhentikan motor, tapi mengurangi laju putaran roda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.